Peningkatan Hasil Belajar Qur’an Hadist Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa MTs Al-Huda Kota Gorontalo Tahun pelajaran 2019/2020

Nurliyan Hulawa

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas IX MTS Al-Huda Kota Gorontalo pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujek penelitian siswa kelas IX MTS Al-Huda Kota Gorontalo. Hasil dari penelitian ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik menyangkut kegiatan guru, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, serta berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX MTS Al-Huda Kota Gorontalo. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang dicapai berikut ini : a) Aktivitas guru mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 76.92% yang terlaksana meningkat pada siklus II sebesar 100% yang terlaksana. b) Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 54,54% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas. c) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 71,75% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas


Keywords


Qur’an Hadits, tipe talking stick, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Hamalik Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi

Aksara: Jakarta

Kiranawati. 2007. Metode Pembelajaran Talking Stick. http://gurupkn.wordpress.

com/2007/12/01/talking-stick/. Tanggal 1 Desember 2007

Muhfida. 2009. Model Pembelajaran. http://www.muhfida.com/model

pembelajaran.html. tanggal 4 Juli 2009

Popham W. James dan Eva L. Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis

(Terjemahan: Amirul Hadi, dkk). Rineka Cipta : Jakarta

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya:

Bandung

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya:

Bandung

Winataputra. 1993. Strategi Belajar Mengajar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jakarta:

Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1117-1122.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id