Peningkatan Kemampuan Menganalisis Keterkaitan Unsur Intrinsik Suatu Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-Hari Melalui Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lemito
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan
target nilai rata-rata atau ketuntasan minimal yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas XII SMAN 1 Lemito. Pengumpulan data siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan seharihari melalui metode jigsaw. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata- rata kelas. Hasil tes siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 68,9 dan hasil tes siklus II menunjukkan nilai sebesar 80,3. Perubahan perilaku siswa kelas XII SMAN 1 Lemito mengalami peningkatan ke arah yang positif. Pada siklus I siswa cenderung pasif, kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang serius dalam berlatih, dan kurang percaya diri. Pada siklus II, perilaku siswa berubah menjadi aktif, memperhatikan penjelasan guru, serius dalam berlatih, dan menjadi percaya diri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Amri,
Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. 2009. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif
dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Aryani, Sekar Ayu.2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani
Damono, Sapardi Djoko. 2006. “Pengarang, Karya Sastra, dan Pembaca”. Jurnal
Lingua. Volume I, Nomor I , Halaman 51-61. ISSN: 1693-4725
Efendi, Anwar. 2010. “Analisis Perbandingan Struktural Cerpen “Selamat Jalan Nek”
Karya Danarto dan Cerpen “Pohon” Karya Monaj Das”. Jurnal Litera. Volume 9,
Nomor 2. Halaman 82-96. ISSN: 1412-2596
Indriasih, Aini. 2009. “Penerapan Pembelajran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPS di SD”. Jurnal Pendidikan. Volume 10. September 2009. Halaman
-84. ISSN:1411-1942
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Isjoni. 2009. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Ismawati, Esti. 2011. “Pengembangan Penilaian Pembelajaran bahasa dan Sastra
Indonesia Berbasis Konstekstual” diunduh melalui
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/procceding/article/download/268/21 7 pada
Agustus 2013
Marno dan Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyani, Wahyu. 2010. “Membidik Kehidupan Rakyat Kecil di Balik Gaya Bahasa
Metafora dalam “Senyum” Karyamin Karya Ahmad Tohari”. Prospektus Jurnal
Ilmiah Unirow Tuban. Vol VII, Nomor 1, Halaman 54- 62. ISSN: 1693-8593
Mulyono. 2006. “Popularitas Sastra Islami di Indonesia”. Jurnal Lingua. Volume I,
Nomor I , Halaman 32-41. ISSN: 1693-4725
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press
Nursisto. 2004. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Pay Cita
Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Semarang: Yayasan
Adhigama
Pujiastuti, Emi dan Amin Suyitno. 2009. “Implementasi Cooperative Learning Tipe
Jigsaw II Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Mahasiswa
Pendidikan Matematika Unnes dalam Perkuliahan Kalkulus Lanjut”. Jurnal
Penelitian Pendidikan. Vol. 26. Oktober 2009. Hal 143-149. ISSN:1978-8304
Rahmanto, B. 1996. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius Rahmawati, Dwi
Norma. 2007. “Peningkatan Kemampuan Memahami Alur,
Penokohan, dan Latar dalam Cerpen dengan Teknik Diskusi Kelompok pada Siswa
Kelas XIII MAN Pagerbarang Kabupaten Tegal”. Skripsi. Universitas Negeri
Semarang
Rasmi, Ni Nengah. 2006. “Peningkatan Mutu Pengajaran Teori Sastra Melalui Pemberian
Pengalaman Membaca Karya Sastra Siswa Kelas I SMU Laboratorium IKIP Negeri
Singaraja”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 39. April 2006. Halaman 356-
ISSN: 0215-8250
Resmini. 2011.”Pembelajaran Apresiasi Bacaan Cerita Melalui Implementasi Strategi
Directed Reading Activity“ diunduh melalui
http://file.upi.edu/direktori/fpbs/jur._pend._bhs._dan_sastra_indonesia/196
novi_resmini/pengajaran_sastra_dengan_drta_%28artikel_j
urnal_sekolah_dasar_malang%29.pdf pada 11 Agustus 2013
Sasmito, Muji. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Memanfaatkan
Situs Cerpenista.Com Siswa Kelas XII2 SMA Negeri 7 Semarang”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang
Siskandar. 2009. “Keefektifan Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 16. Oktober
Halaman 178- 185. ISSN: 0215-9643
Situmeang, Dahriansyah. 2012. “Efektivitas Model Pembelajaran Cooperatif
Learningtipe Stad dalam Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik
Cerpen “Daerah Garong” Karya M. Shoim Anwar Oleh Siswa Kelas XIIi Sma
Negeri 1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2010/2011” Asas Jurnal Sastra. Vol I.
Halaman 53-62 ISSN: 2301-5896
Slavin, Robert E. 2012. Cooperative Learning Teori, riset, dan Praktik. Bandung: Nusa
Media
Suharianto. S. 1982. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta Sumardjo, Jakob,
dan Saini. 1994. Apresiasi Kesusatraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Syarifah.
Eri. 2009. Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Semarang: Bandungan
Institude
Tarigan, Henry Guntur. 1997. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Girimukti Pasaka
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1107-1116.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id