Peningkatan Kemampuan Menganalisis Keterkaitan Unsur Intrinsik Suatu Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-Hari Melalui Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lemito

Saidah Halid

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan
target nilai rata-rata atau ketuntasan minimal yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari melalui metode jigsaw pada siswa kelas XII SMAN 1 Lemito. Pengumpulan data siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan menganalisis keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan seharihari melalui metode jigsaw. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata- rata kelas. Hasil tes siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 68,9 dan hasil tes siklus II menunjukkan nilai sebesar 80,3. Perubahan perilaku siswa kelas XII SMAN 1 Lemito mengalami peningkatan ke arah yang positif. Pada siklus I siswa cenderung pasif, kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang serius dalam berlatih, dan kurang percaya diri. Pada siklus II, perilaku siswa berubah menjadi aktif, memperhatikan penjelasan guru, serius dalam berlatih, dan menjadi percaya diri.


Keywords


keterkaitan, unsur intrinsik cerpen, kehidupan sehari-hari, metode jigsaw

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Amri,

Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. 2009. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif

dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Aryani, Sekar Ayu.2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani

Damono, Sapardi Djoko. 2006. “Pengarang, Karya Sastra, dan Pembaca”. Jurnal

Lingua. Volume I, Nomor I , Halaman 51-61. ISSN: 1693-4725

Efendi, Anwar. 2010. “Analisis Perbandingan Struktural Cerpen “Selamat Jalan Nek”

Karya Danarto dan Cerpen “Pohon” Karya Monaj Das”. Jurnal Litera. Volume 9,

Nomor 2. Halaman 82-96. ISSN: 1412-2596

Indriasih, Aini. 2009. “Penerapan Pembelajran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPS di SD”. Jurnal Pendidikan. Volume 10. September 2009. Halaman

-84. ISSN:1411-1942

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Isjoni. 2009. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Ismawati, Esti. 2011. “Pengembangan Penilaian Pembelajaran bahasa dan Sastra

Indonesia Berbasis Konstekstual” diunduh melalui

http://journal.unwidha.ac.id/index.php/procceding/article/download/268/21 7 pada

Agustus 2013

Marno dan Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyani, Wahyu. 2010. “Membidik Kehidupan Rakyat Kecil di Balik Gaya Bahasa

Metafora dalam “Senyum” Karyamin Karya Ahmad Tohari”. Prospektus Jurnal

Ilmiah Unirow Tuban. Vol VII, Nomor 1, Halaman 54- 62. ISSN: 1693-8593

Mulyono. 2006. “Popularitas Sastra Islami di Indonesia”. Jurnal Lingua. Volume I,

Nomor I , Halaman 32-41. ISSN: 1693-4725

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press

Nursisto. 2004. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Pay Cita

Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Semarang: Yayasan

Adhigama

Pujiastuti, Emi dan Amin Suyitno. 2009. “Implementasi Cooperative Learning Tipe

Jigsaw II Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Mahasiswa

Pendidikan Matematika Unnes dalam Perkuliahan Kalkulus Lanjut”. Jurnal

Penelitian Pendidikan. Vol. 26. Oktober 2009. Hal 143-149. ISSN:1978-8304

Rahmanto, B. 1996. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius Rahmawati, Dwi

Norma. 2007. “Peningkatan Kemampuan Memahami Alur,

Penokohan, dan Latar dalam Cerpen dengan Teknik Diskusi Kelompok pada Siswa

Kelas XIII MAN Pagerbarang Kabupaten Tegal”. Skripsi. Universitas Negeri

Semarang

Rasmi, Ni Nengah. 2006. “Peningkatan Mutu Pengajaran Teori Sastra Melalui Pemberian

Pengalaman Membaca Karya Sastra Siswa Kelas I SMU Laboratorium IKIP Negeri

Singaraja”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 39. April 2006. Halaman 356-

ISSN: 0215-8250

Resmini. 2011.”Pembelajaran Apresiasi Bacaan Cerita Melalui Implementasi Strategi

Directed Reading Activity“ diunduh melalui

http://file.upi.edu/direktori/fpbs/jur._pend._bhs._dan_sastra_indonesia/196

novi_resmini/pengajaran_sastra_dengan_drta_%28artikel_j

urnal_sekolah_dasar_malang%29.pdf pada 11 Agustus 2013

Sasmito, Muji. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Memanfaatkan

Situs Cerpenista.Com Siswa Kelas XII2 SMA Negeri 7 Semarang”. Skripsi.

Universitas Negeri Semarang

Siskandar. 2009. “Keefektifan Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan

Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 16. Oktober

Halaman 178- 185. ISSN: 0215-9643

Situmeang, Dahriansyah. 2012. “Efektivitas Model Pembelajaran Cooperatif

Learningtipe Stad dalam Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik

Cerpen “Daerah Garong” Karya M. Shoim Anwar Oleh Siswa Kelas XIIi Sma

Negeri 1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2010/2011” Asas Jurnal Sastra. Vol I.

Halaman 53-62 ISSN: 2301-5896

Slavin, Robert E. 2012. Cooperative Learning Teori, riset, dan Praktik. Bandung: Nusa

Media

Suharianto. S. 1982. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta Sumardjo, Jakob,

dan Saini. 1994. Apresiasi Kesusatraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Syarifah.

Eri. 2009. Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Semarang: Bandungan

Institude

Tarigan, Henry Guntur. 1997. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Girimukti Pasaka




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1107-1116.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id