Evaluasi Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Madapangga Kabupaten Bima Tahun 2019

Sukmawati Sukmawati

Abstract


Kelas ibu hamil merupakan salah satu kegiatan penting dalam penerapan buku KIA,
berfungsi untuk mempersiapkan ibu hamil menghadapi persalinan yang aman dan
nyaman. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi kelas ibu hamil
di wilayah kerja Puskesmas Madapangga. Desain penelitian deskriptif korelasi dan
ditinjau dari segi waktu bersifat cross sectional. Populasi adalah semua ibu hamil
yang mengikuti kelas ibu bulan Agustus-November 2019 di wilayah kerja Puskesmas
Madapangga berjumlah 60 orang. Cara pengambilan sampel secara total sampel.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji chisquare test. Penelitian disimpulkan ada hubungan pengetahuan dengan persiapan pelaksanaan kelas ibu hamil P-Value α= 0.003 < 0.05, tidak ada hubungan sikap ibu
terhadap pelaksanaan Kelas ibu hamil P-Value α= 0.008 > 0.05 dan tidak ada
hubungan antara sarana dan prasarana dengan persiapan pelaksanaan kelasibu hamil P-Value α= 0.016 > 0.05


Keywords


Pengetahuan, Sikap, Sarana dan prasarana, pelaksanaan kelas ibu hamil

Full Text:

PDF

References


Dhevy, F. N., & Marom Aufarul. (2016). Implementasi Program Kesehatan Ibu dan Anak

Bidang Pelayanan Antenatal Care dan Nifas Di Puskesmas Bandarharjo Kota

Semarang. Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu

Politik Universitas Diponegoro. Retrieved from

https://media.neliti.com/media/publications/183671-ID-implementasi-programkesehatan-

ibu-dan-a.pdf

Fuada, N., & Setyawati, B. (2016). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Jurnal

Kesehatan Reproduksi, 6(2), 67–75.

https://doi.org/10.22435/kespro.v6i2.5411.67-75

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Kemenkes RI 2009-2011.

Kementrian Kesehatan RI, pp. 1–26. https://doi.org/351.077 Ind r

Lapalulu, L. S. (2018). Evaluasi pelaksanaan kelas ibu hamil di wilayah kerja puskesmas

landawe kabupaten konawe utara tahun 2018. 1–121.

Naharani, A. R., Siswati, S., & Fatkhiyah, N. (2018). Hubungan Perilaku Keikutsertaan

Kelas Ibu Hamil Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan

Pada Ibu Hamil Primigravida Trimester Iii Di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi.

Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(2), 300.

https://doi.org/10.30591/siklus.v7i2.856

R. Oktaviance. S, L. S. (2016). Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan dan

Sikap Ibu Tentang Pemeriksaan dan Perawatan Kehamilan di Wilayah Kerja

Puskesmas Batam. Stikes Santa Elisabeth Medan, 2016.

Ratmawati, L. A. (2018). Evaluasi program pelaksanaan kelas ibu balita di wilayah kerja

dinas kesehatan kabupaten banjarnegara. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan

Aisyiyah, 14(1), 25–31. https://doi.org/10.31101/jkk.546

Retnowati, Y., & Sulidah. (2018). Analisis Motivasi Ibu Hamil Dalam Mengikuti Kelas

Ibu Hamil Di Daerah Pesisir Wilayah Kerja Puskesmas Pantai Amal Kota

Tarakan. Journal of Borneo Holistic Health, 1(2), 217–229.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.937-946.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id