Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)

Maryam Rahim, Wenny Hulukati, Tuti Wantu

Abstract


Motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan studi. Rendahnya motivasi berprestasi seringkali menyebabkan banyak mahasiswa yang gagal dalam studi. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana motivasi berprestasi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan di masa pandemic covid-19?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang motivasi berprestasi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang mengkaji variabel motivasi berprestasi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Anggota populasi adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 2111 orang, dengan anggota sampel sebesar 10% dari anggota populasi. Data dikumpulkan melalui angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (a) motivasi berprestasi mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling memperoleh skor rata-rata 183 (3,66) dengan kategori tinggi (b) motivasi berprestasi mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan memperoleh skor rata-rata 180 (3,60) dengan kategori tinggi, (c) motivasi berprestasi mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah memperoleh skor rata-rata 180 (3,60) dengan kategori tinggi, (d) motivasi berprestasi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar memperoleh skor rata-rata  172 (3,45) dengan kategori tinggi, dan (e) motivasi berprestasi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini memperoleh skor rata-rata 172 (3,45) dengan kategori tinggi. Secara keseluruhan skor rata-rata motivasi berprestasi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di masa pandemi covid-19 adalah 178 (3,58) dengan kategori tinggi.


Keywords


motivasi berprestasi, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Adegboyega. Lateef. (2018). Influences of achievement motivation on nigerian undergraduates’ attitude toward examination. International Journal of Instruction 11 (1):77-88.

Anggraeni, Sri Wulan., Alpian, Yayan., Kodariah, Siti.( 2021). Primary school students' learning anxiety during the covid-19 pPandemic. International Journal of Elementary Education. Volume 5, Number 1, Tahun 2021, pp. 1-10

Awan, R., Noureen, G., & Naz, A. (2011). A Study of relationship between achievement mMotivation, self-concept and achievement in english and mathematics at secondary level. International Education Studies, 4 (3), 72- 79.

Budiningsih, C. Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Bakhtiarvanda, Firoozeh., Ahmadiana, Sana., Delrooza, Kazem., Farahanib, Hojjat A. (2011). The moderating effect of achievement motivation on relationship of learning approaches and academic achievement. Procedia: Social and Behavioral Sciences 28 (2011) 486-488.

Chaplin, J.P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta. RajaGrafindo.

Damrongpanit, Suntonrapot. (2019). From modern teaching to mathematics achievement: The mediating role of mathematics attitude, acchievement motivation, and self-efficacy. European Journal of Educatinal Researc Volume 8, Issue 3, 713-727 ISSN: 2165-8714 http://www.eu-jer.com/

Emmanuel Eric, Affum-Osei; Josephine, Eric Asante Adom Barnie; Solomon, Forkuoh Kwarteng. (2018). Achievement motivation, academic self-cocept and Academic Achievement among High School Student. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences Vol. 2 No. 2, 2014 ISSN 2056- 5852.

Fauzia, Ellya. (2013). Pengaruh prestasi belajar dan motivasi berprestasi terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa SMK Negeri 1 Cerme Gresik. Jurnal Ekonomi Pedidikan dan Kewirausahaan. Vol. 1, No. 1 Tahun 2013.

Hammerstein, Svenja., König, Christoph., Dreisörner, Thomas., & Frey, Andreas. (2021) Effects of covid-19- related school closures on student achievement- asSystematic Review. https://psyarxiv.com/mcnvk/

Hasbullah, Rahmat dan Moeins, Anoesyirwan. (2016). The infuence of profesionalism, achievement motivation and empowerment againts the work discipline and its implication on teacher performance: Empirical study on High School Teachers in Karawang Regency. International Journal of Business and Commerce Vol. 5, No.06: [18- 36] (ISSN: 2225-2436).

Mahato, Aniruddha dan Barman, Pranab. (2019). Academic achievement motivation and academic performance of SC, ST Community Students in the District of Purulia. American Journal of Educational Research. 2019, 7(11), 872-877. DOI: 10.12691/education-7-11-18

McClelland, D.C. (1987). Human Motivation. New York. Cambridge University Press.

Mozammel, Soleman., Ahmed, Umair., Shakar, Nawal. (2021). Covid-19 and online learning: critical insights for academic achievement. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, Year; Vol 20 (Issue 4): pp. 1452-1457 http://ilkogretim-online.org doi: 10.17051/ilkonline.2021.04.166

Mussen, Paul Henry, dkk. (1984). Child Development and Personality. Harper & Row, Inc. Alih bahasa: FX. Budiyanto, dkk. Ctakan II tahun 1994. copyright dalam bahasa Indonesia. 1989. Jakarta: Penerbit Arcan.

Sarangi, C. (2015). Achievement motivation of the High School Students : a case study among different communities of Goalpara District of Assam. Journal of Education and Practice, 6(19), 140–145

Sugiyanto. (2009). Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Paradigma, No. 08 Tahun IV, Juli 2009 – ISSN 1907-297x.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawal Pres.

Yuni., Astuti. (2019). Achievement motivation and the student’s speaking performance. Journal of Education of English as Foreign Language. Vol.2, No. 2 (2019).

Yusuf, Syamsu dan Ahmad J. Nurihsan. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Wedhayanti1, Gitta Citra; Suarni, Ni Ketut; Dantes, Nyoman. (2020). Development of achievement motivation instruments in High School Students. Bisma The Journal of Counseling Volume 4 Number 2, 2020, pp 146- 153 ISSN: Print 2598-3199 – Online 2598-3210.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1295-1302.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id