Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat

Karsum Sam Mantu

Abstract


Penelitian ini membahas tentang upaya guru dalam pengelolaan sudut baca untuk menumbuhkan minat baca peserta didikkelas IIISD Negeri 04 Popayato Barat.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif yaitu dimana peneliti berperan secara langsung sebagai perencana, pelaksanaan, pengumpulan data, menganalisis data dan sekaligus pelapor data. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi, teknik wawancara langsung dan dokumentasi. Peneliti menemukan bahwasanya upaya guru dalam pemanfaatan sudut baca untuk menumbuhkan minat baca peserta didik yaitu, (1). Mendorong anak bercerita tentang apa yang telah dibacanya, (2). Tukar buku dengan teman, (3). Menyediakan buku yang menarik minat baca peserta didik, (4). Menyediakan waktu membaca, dan (5). Memberikan hadiah. Kendala dalam menumbuhkan minat baca peserta didik tersebut ialah, minimnya ruangan kelas, kurangnya variasi buku atau keterbatasan buku dan terdapat peserta didik yang tidak suka membaca. Adapun untuk mengatasi kendala tersebut yaitu membuat dekorasi pojok baca yang rapi dan indah, mengusulkan pihak sekolah menaikan anggaran perpustakaan, dan memberikan motivasi serta dukungan. Hasil dari penelitian ini bahwasannya Adanya sudut baca membuat peserta didik merasa senang dan lebih giat dalam membaca.


Keywords


Sudut Baca, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. Dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Afrizal. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Pengguna Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers

Antoro, B. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan

Atmazaki. 2017. Panduan Praktis Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali pers

Faradina, N. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal hanata widya Volume 6 Nomor 8

Farida Rahim. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Hartyatni, M. S. 2018. Membangun Budaya Baca Melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas Dengan "12345". Jurnal pemikiran dan pengembangan SD, Volume 6, Nomor 1 April

Maruroh, R. V. 2017. Analisis Pemanfaatan Sudut Baca Di Lingkungan Sekolah Guna Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Siswa Di SD Negri Polomarto . Purwekerto: Universitas Muhammadiyah Purwekerto

Meliawati. 2016.Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish

K.C Taufani. 2009. Menginstal Minat Baca Siswa. Bandung: PT Globalindo Universal Multikreasi

Kemendikbud. 2015. Permendikbud No 23 Tahun 2015 Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2016. Panduan Pemanfaatan Dan Pengembangan Sudut Baca Kelas Dan Area Baca Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah Kementrian pendidikan dan kebudayaan

Tampubolon, D.P. 1991. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif DanR&D. Bandung:




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id