Implementasi Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 06 Popayato Barat
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervise akademis dapat meningkatkan
kompetensi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, menyususn adminstrasi penilaian pembelajaran dan proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian perencanaan pembelajaran dari 12 aspek yang dinilai rata-rata hasil penilaian perencanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 82% atau sudah termasuk kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 93% kategori sangat baik. Supervisi administrasi penilaian pembelajaran dari 10 aspek pada siklus I yang dinilai rata-rata hasil penilaian administrasi pembelajaran sebesar 84 % atau sudah termasuk kategori baik. Meningkat pada siklus II menjadi 93% kategori sangat baik. Supervisi proses pembelajaran atau penilaian kunjungan kelas dari 3 aspek yang dinilai aspek pendahuluan, aspek kegiatan inti dan aspek penutup, pada siklus I rata-rata hasil penilaian kunjungan kelas sebesar 85 % atau sudah termasuk kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 94% kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar – Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, J. M. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Wonokerto: Menara.
Danim Sudarwan Dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Masaong, H.A. Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung. Alfabeta
Mulyana, A.Z. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Surabaya : Grasindo
Ngalim Purwanto. 2002. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakraya
Kemendikbud. 2015. Supervisi manajerial dan Supervisi Akademik. Jakarta: PPTK-BPSDMP&PMP Kemendikbud.
Permendiknas Nomor 6 tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suhardan.2010. Supervisi Profesional: Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah. Bandung : Alfabeta
Sutarsih, C, dan Nurdin. 2011. Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.885-894.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id