Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Besaran Premi Terhadap Tingkat Kolektibilitas dan Kepuasan Peserta sebagai Variabel Intervening pada BPJS Kesehatan Cabang Manado

Richard F. Lasut, Silvya L. Mandey, Arrazi Hasan Jan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan besaran iuran
terhadap tingkat kolektibilitas dengan kepuasan peserta sebagai variabel
intervening peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) di
BPJS Kesehatan Cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang
Manado segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) di Kota Manado dengan
sampel sebanyak 399 orang yang diambil dengan menggunakan metode
perhitungan Slovin sebagai alat ukur. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah kuesioner dengan menggunakan instrumen skala likert. Analisis data
penelitian menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan dan kepuasan peserta berpengaruh positif terhadap tingkat
kolektibilitas iuran, sedangkan besaran premi berpengaruh negatif terhadap
kolektibilitas iuran. Selanjutnya kualitas pelayanan dan besaran premi berpengaruh
positif terhadap kepuasan peserta.


Keywords


Kualitas Layanan, Besaran Premi, Tingkat Kolektibilitas, Kepuasan Peserta

Full Text:

PDF

References


A, NL, Nabila, W. dan Fajrini, F. (2020) 'Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan

Peserta Independen', Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 16 (2), hlm 84-92.

Abdillah, W., Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit

Andi.

Abu-Salim, T. dkk. (2017) 'Pengaruh biaya yang dirasakan, kualitas layanan, dan

kepuasan pelanggan pada kelangsungan layanan asuransi kesehatan', Journal

of Financial Services Marketing, 22 (4), hlm. 173–186. Doi: 10.1057 /

s41264-017-0035-4 .

Anitha Rajathi, DVM dan M, S. (2018) 'A Study on Service Quality and Customer

Satisfaction in Bharti Airtel at Tiruchirappalli Region', International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Volume-2 (Issue-3), hal.

–2153. doi: 10.31142 / ijtsrd11313.

Arwani, M dan Nina E. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas dan Harga

terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Q-MAN. 2 (2): 1-16

Bonita, Beybi Vita., Greis M. Sendow., & Arrazi Hasan Jan (2017). Pengaruh

Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian

Kartu IM3 Indosat (Studi Pada PT. Indo Harmoni Makmur Manado). Jurnal

EMBA. Vol 5 No.2, 2417-2425. Juni 2017

Dahlan Siamat (2007). Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: FE University

Publishing Institute Indonesia.

Gidey, MT dkk. (2019). 'Kesediaan untuk membayar asuransi kesehatan sosial dan

faktor penentu di antara pegawai negeri di Kota Mekelle, Ethiopia Utara:

Studi metode campuran', Cost Effectiveness and Resource Allocation, 17 (1),

hlm. 1–11. doi: 10.1186 / s12962-019-0171-x. Guntoro, Adi Suci (2020).

Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kondisi Emosional, Persepsi

Harga dan Biaya Kepuasan Peserta JKN-KIS, Pekerja Penerima Upah Badan Usaha

Swasta di BPJS Kesehatan Cabang Sampit Kalimantan Tengah. 81 Pindai.

Jilid 16 No.1, 80-91. 2020

Hasibuan, R., Purnama, TB dan Susanti, N. (2020) 'Kontribusi Jaminan Kesehatan

Meningkatkan Respon Utilitas Puskesmas dan Nasional Oleh Peserta JKN di

Medan', Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 09 (04), hlm. 211– 217.

Hendriyanto H (2009). Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pasien

Rawat Inap RSD Ciawi, Kabupaten Bogor, 2009. Depok: Universitas

Indonesia Koentjoro,

Tjahjono (2011). Regulasi Kesehatan di Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kotler, Philip dan

Keller (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Volume I. Jakarta: PT. Indeks.

Lebu, CFK, Mandey, SL dan Wenas, RS (2019) 'Keputusan Mengunjungi Objek

Wisata Danau Linow Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Objek Wisata

Terhadap Keputusan Mengunjungi Wisatawan Di Danau Linow', Jurnal

EMBA, 7 (4 ), hlm. 5505–5513.

Listiyana, I. dan Rustiana, ER (2017) 'Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan

Nasional pada Pengguna Bpjs Kesehatan di Kota Semarang', Jurnal

Kesehatan Masyarakat Unnes, 6 (1), hal. 53. doi: 10.15294 / ujph.v6i1.11615.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ke-

Jakarta: Salemba Empat.

Majuarsa, IW, Astuti, W. dan Chandrarin, G. (2020) 'Analisis Kualitas Layanan

dalam Memediasi Pengaruh Harga, Produk, Pemasaran Relasional, dan

MCSQ terhadap Kepuasan Pelanggan', Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 03 (2), hal.

–108.

Mardika, DT (2018) 'Predisposing, Supporting, and Driving Factors yang

Mempengaruhi Perilaku Mengenai Kepatuhan Pembayaran Bagi Peserta

Pekerja Non Penerima (PBPU) di Kabupaten Pacitan Tahun 2018', Prodi

Kesehatan Masyarakat, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun, hlm. 1– 140.

Minh, NH dkk. (2015) 'Kualitas layanan dan kepuasan pelanggan: Sebuah studi

kasus industri hotel di Vietnam', Ilmu Sosial Asia, 11 (10), hlm. 73-85. doi:

5539 / ass.v11n10p73.

Mulyatno, N. (2016) 'Faktor-faktor yang Mempengaruhi Willingness to Pay

(Wilingness To Pay) Dan Kemampuan Membayar Pasien Poli Umum di

RSUD Kota Tangerang Selatan Menggunakan Metode Kontingen', Journal of

Quality, 6 (23), hlm. 300–319 .

Napirah, MR, Rahman, A. dan Tony, A. (2016) 'Faktor-faktor yang Berhubungan

dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas

Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Jurnal

Pembangunan Kota, 4 (1), p. 29. doi: 10.14710 / jpk.4.1.29-39.

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem

Jaminan Sosial Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2004, Nomor 150.

Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan

Penyelenggara Jaminan Sosial. Lembaran Negara RI Tahun 2011, Nomor

Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2018. Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018 tentang Jaminan

Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2018, Nomor 165. Sekretariat

Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2019. Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2019 tentang

Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan

Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2019, Nomor 210. Sekretariat

Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2020. Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2020 tentang

Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang

Jaminan Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2020, Nomor 130.

Sekretariat Negara. Jakarta.

Rizal, R., Suardi, M. dan Yulihasri, Y. (2017) 'Pengaruh Kualitas Pelayanan dan

Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan sebagai Mediasi Loyalitas Pasien,

Jurnal Ilmu Farmasi & Klinik, 3 (2), hal. 108. doi: 10.29208 /

jsfk.2017.3.2.112.

Setiawan, R., Pio, L., Cavaliere, L., Sankaran, D., Rani, K., Yapanto, L. M.,

Laskar, N. H., Raisal, I., Christabel, G. J. A., Setiawan, R., Petra, U. K.,

Airlangga, U., Pio, L., Cavaliere, L., & Foggia, U. (n.d.). Access to

Financial Services and Women Empowerment , through Microfinance

eligibility. 1, 841–859.

Sihaloho, EN (2015) 'Determinan Kesediaan Membayar Kontribusi Peserta

Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan

Kota Semarang', Jur. Kesmas, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas

Negeri Semarang, (1), hal. 193. Tersedia di: http://lib.unnes.ac.id.

Singal, Hendra Efendi, Silvya, Mandey, & Djurwati Soepono (2020), Pengaruh

Kualitas Layanan Pelanggan, Kosong, Promosi, Layanan Nilai Tambah

terhadap Kepuasan Pelanggan di Honda Martadinata Manado, Jurnal EMBA, Vol 8 No.1, 106-115.

Subagyo (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yogyakarta: Sekolah

Tinggi Ekonomi.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung,

PT Alfabet.

Sydavong, T. dkk. (2019) 'Potensi permintaan untuk perbaikan asuransi kesehatan

berbasis komunitas sukarela di pedesaan Republik Demokratik Rakyat Laos:

Eksperimen konjoin acak', PLoS ONE, 14 (1), hlm. 1–21. doi: 10.1371 /

journal.pone.0210355.

W, Wenxin., Bentum Micah G., Zhiqiang, M, dkk (2020), Pengaruh Kualitas

Layanan Pertemuan pada Kepuasan Pasien: Studi Empiris di Rumah Sakit

Umum Cina, Jurnal Internasional Ekonomi dan Administrasi Bisnis, Vol VIII

Edisi 3 .

Wijaya, T. dan Fajriana, I. (2018) 'Tingkat Kepuasan Peserta JKN-KIS BPJS

Kesehatan di Kota Palembang', Jurnal Eksis, 13 (2), hlm. 81–92.

Wulandari, A., Syah, NA dan Ernawati, T. (2020) 'Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Kepatuhan Peserta Mandiri dalam Pembayaran Iuran Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Solok', Jurnal Kesehatan Andalas, 9 (1), hal. 7. doi: 10.25077 / jka.v9i1.1219.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.633-646.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id