Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Besaran Premi Terhadap Tingkat Kolektibilitas dan Kepuasan Peserta sebagai Variabel Intervening pada BPJS Kesehatan Cabang Manado
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan besaran iuran
terhadap tingkat kolektibilitas dengan kepuasan peserta sebagai variabel
intervening peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) di
BPJS Kesehatan Cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang
Manado segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) di Kota Manado dengan
sampel sebanyak 399 orang yang diambil dengan menggunakan metode
perhitungan Slovin sebagai alat ukur. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah kuesioner dengan menggunakan instrumen skala likert. Analisis data
penelitian menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan dan kepuasan peserta berpengaruh positif terhadap tingkat
kolektibilitas iuran, sedangkan besaran premi berpengaruh negatif terhadap
kolektibilitas iuran. Selanjutnya kualitas pelayanan dan besaran premi berpengaruh
positif terhadap kepuasan peserta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, NL, Nabila, W. dan Fajrini, F. (2020) 'Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan
Peserta Independen', Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 16 (2), hlm 84-92.
Abdillah, W., Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit
Andi.
Abu-Salim, T. dkk. (2017) 'Pengaruh biaya yang dirasakan, kualitas layanan, dan
kepuasan pelanggan pada kelangsungan layanan asuransi kesehatan', Journal
of Financial Services Marketing, 22 (4), hlm. 173-186. Doi: 10.1057 /
s41264-017-0035-4 .
Anitha Rajathi, DVM dan M, S. (2018) 'A Study on Service Quality and Customer
Satisfaction in Bharti Airtel at Tiruchirappalli Region', International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Volume-2 (Issue-3), hal.
-2153. doi: 10.31142 / ijtsrd11313.
Arwani, M dan Nina E. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas dan Harga
terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Q-MAN. 2 (2): 1-16
Bonita, Beybi Vita., Greis M. Sendow., & Arrazi Hasan Jan (2017). Pengaruh
Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian
Kartu IM3 Indosat (Studi Pada PT. Indo Harmoni Makmur Manado). Jurnal
EMBA. Vol 5 No.2, 2417-2425. Juni 2017
Dahlan Siamat (2007). Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: FE University
Publishing Institute Indonesia.
Gidey, MT dkk. (2019). 'Kesediaan untuk membayar asuransi kesehatan sosial dan
faktor penentu di antara pegawai negeri di Kota Mekelle, Ethiopia Utara:
Studi metode campuran', Cost Effectiveness and Resource Allocation, 17 (1),
hlm. 1-11. doi: 10.1186 / s12962-019-0171-x. Guntoro, Adi Suci (2020).
Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kondisi Emosional, Persepsi
Harga dan Biaya Kepuasan Peserta JKN-KIS, Pekerja Penerima Upah Badan Usaha
Swasta di BPJS Kesehatan Cabang Sampit Kalimantan Tengah. 81 Pindai.
Jilid 16 No.1, 80-91. 2020
Hasibuan, R., Purnama, TB dan Susanti, N. (2020) 'Kontribusi Jaminan Kesehatan
Meningkatkan Respon Utilitas Puskesmas dan Nasional Oleh Peserta JKN di
Medan', Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 09 (04), hlm. 211- 217.
Hendriyanto H (2009). Faktor yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pasien
Rawat Inap RSD Ciawi, Kabupaten Bogor, 2009. Depok: Universitas
Indonesia Koentjoro,
Tjahjono (2011). Regulasi Kesehatan di Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Kotler, Philip dan
Keller (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Volume I. Jakarta: PT. Indeks.
Lebu, CFK, Mandey, SL dan Wenas, RS (2019) 'Keputusan Mengunjungi Objek
Wisata Danau Linow Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Objek Wisata
Terhadap Keputusan Mengunjungi Wisatawan Di Danau Linow', Jurnal
EMBA, 7 (4 ), hlm. 5505-5513.
Listiyana, I. dan Rustiana, ER (2017) 'Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan
Nasional pada Pengguna Bpjs Kesehatan di Kota Semarang', Jurnal
Kesehatan Masyarakat Unnes, 6 (1), hal. 53. doi: 10.15294 / ujph.v6i1.11615.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ke-
Jakarta: Salemba Empat.
Majuarsa, IW, Astuti, W. dan Chandrarin, G. (2020) 'Analisis Kualitas Layanan
dalam Memediasi Pengaruh Harga, Produk, Pemasaran Relasional, dan
MCSQ terhadap Kepuasan Pelanggan', Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 03 (2), hal.
-108.
Mardika, DT (2018) 'Predisposing, Supporting, and Driving Factors yang
Mempengaruhi Perilaku Mengenai Kepatuhan Pembayaran Bagi Peserta
Pekerja Non Penerima (PBPU) di Kabupaten Pacitan Tahun 2018', Prodi
Kesehatan Masyarakat, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun, hlm. 1- 140.
Minh, NH dkk. (2015) 'Kualitas layanan dan kepuasan pelanggan: Sebuah studi
kasus industri hotel di Vietnam', Ilmu Sosial Asia, 11 (10), hlm. 73-85. doi:
5539 / ass.v11n10p73.
Mulyatno, N. (2016) 'Faktor-faktor yang Mempengaruhi Willingness to Pay
(Wilingness To Pay) Dan Kemampuan Membayar Pasien Poli Umum di
RSUD Kota Tangerang Selatan Menggunakan Metode Kontingen', Journal of
Quality, 6 (23), hlm. 300-319 .
Napirah, MR, Rahman, A. dan Tony, A. (2016) 'Faktor-faktor yang Berhubungan
dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas
Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Jurnal
Pembangunan Kota, 4 (1), p. 29. doi: 10.14710 / jpk.4.1.29-39.
Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem
Jaminan Sosial Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2004, Nomor 150.
Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial. Lembaran Negara RI Tahun 2011, Nomor
Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2018. Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018 tentang Jaminan
Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2018, Nomor 165. Sekretariat
Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2019. Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2019 tentang
Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan
Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2019, Nomor 210. Sekretariat
Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2020. Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2020 tentang
Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang
Jaminan Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2020, Nomor 130.
Sekretariat Negara. Jakarta.
Rizal, R., Suardi, M. dan Yulihasri, Y. (2017) 'Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan sebagai Mediasi Loyalitas Pasien,
Jurnal Ilmu Farmasi & Klinik, 3 (2), hal. 108. doi: 10.29208 /
jsfk.2017.3.2.112.
Setiawan, R., Pio, L., Cavaliere, L., Sankaran, D., Rani, K., Yapanto, L. M.,
Laskar, N. H., Raisal, I., Christabel, G. J. A., Setiawan, R., Petra, U. K.,
Airlangga, U., Pio, L., Cavaliere, L., & Foggia, U. (n.d.). Access to
Financial Services and Women Empowerment , through Microfinance
eligibility. 1, 841-859.
Sihaloho, EN (2015) 'Determinan Kesediaan Membayar Kontribusi Peserta
Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan
Kota Semarang', Jur. Kesmas, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas
Negeri Semarang, (1), hal. 193. Tersedia di: http://lib.unnes.ac.id.
Singal, Hendra Efendi, Silvya, Mandey, & Djurwati Soepono (2020), Pengaruh
Kualitas Layanan Pelanggan, Kosong, Promosi, Layanan Nilai Tambah
terhadap Kepuasan Pelanggan di Honda Martadinata Manado, Jurnal EMBA, Vol 8 No.1, 106-115.
Subagyo (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yogyakarta: Sekolah
Tinggi Ekonomi.
Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung,
PT Alfabet.
Sydavong, T. dkk. (2019) 'Potensi permintaan untuk perbaikan asuransi kesehatan
berbasis komunitas sukarela di pedesaan Republik Demokratik Rakyat Laos:
Eksperimen konjoin acak', PLoS ONE, 14 (1), hlm. 1-21. doi: 10.1371 /
journal.pone.0210355.
W, Wenxin., Bentum Micah G., Zhiqiang, M, dkk (2020), Pengaruh Kualitas
Layanan Pertemuan pada Kepuasan Pasien: Studi Empiris di Rumah Sakit
Umum Cina, Jurnal Internasional Ekonomi dan Administrasi Bisnis, Vol VIII
Edisi 3 .
Wijaya, T. dan Fajriana, I. (2018) 'Tingkat Kepuasan Peserta JKN-KIS BPJS
Kesehatan di Kota Palembang', Jurnal Eksis, 13 (2), hlm. 81-92.
Wulandari, A., Syah, NA dan Ernawati, T. (2020) 'Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Kepatuhan Peserta Mandiri dalam Pembayaran Iuran Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Solok', Jurnal Kesehatan Andalas, 9 (1), hal. 7. doi: 10.25077 / jka.v9i1.1219.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.633-646.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id