Peran Mahasiswa Sebagai Volunteer Dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Di Desa 3T

Binur Yuni Artha Pardosi, Lastri Mura Rizki Manurung, Raras Firdarianti

Abstract


Penelitian ini memiliki fokus kajian mengenai Peran Volunteer dalam
meningkatkan literasi untuk menumbuhkan budaya membaca dan meningkatkan
kemampuan literasi masyarakat yang ada di desa 3T. Kajian ini bertujuan untuk
mengetahui peranan volunteer salam pengabdiannya untuk meningkatkan literasi di desa 3T. Alasan dilakukan Kajian Literatur ini untuk memahami latar belakang para volunteer dalam meningkatkan literasi di desa 3T dan mengetahui peranan adanya volunteer dalam meningkatkan literasi tersebut di desa 3T. Pemahaman akan penggunaan bahasa Indonesia dalam masyarakat, minimnya pengetahuan dalam penggunaan alat komunikasi sebagai media pembelajaran, dan fasilitas sebagai oenunjang kegiatan atau proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan untuk memahami latar belakang volunteer dan peranannya dalam meningkatkan budaya literasi. Metode deskriptif Pengumpulan data penelitian menggunakan tehnik wawancara, buku-buku, jurnal dan literatur lainnya yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari kajian literatur ini adalah masih rendahnya penggunaan bahasa Indonesia yang diterapkan dalam masyarakat, karena masyarakat masih menggunakan bahasa daerahnya sendiri. Kemudian rendahnya pemahaman masyarakat mengenai penggunaan alat komunikasi seperti HP sebagai alat pembelajaran serta masih kurangnya fasilitas sebagai penunjang dalam keberhasilan proses belajar mengajar di desa 3T.


Keywords


volunteer, mahasiswa, tingkat literasi, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Indragiri, C. A., Suprihanto, J., & Hamid, M. (2019). Upaya Peningkatan

Literasi Baca Tulis Melalui Pembiasaan Menulis Jurnal Harian Anak Kelas 4

Sdn 1 Kretek (Doctoral

dissertation, STIE Widya Wiwaha). Mudana, I. G. A. M. G. (2020).

Membangkitkan Budaya Literasi Melalui Pendekatan Think Pair Share

Berbasis Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Siswa

Berkarakter. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1).

Idawati, G. (2011). IbM Tutor Warga Belajar Buta Aksara di Kecamatan

Lamuru Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Lembaga Penelitian

Universitas Negeri Makassar).

Aliyudin, R. S., & Ahmad, E. F. (2020). Analisis Pengembanagan Kantor

Pelayanan, Penyuluhan, Dan Konsultasi Perpajakan (Kp2kp) Menjadi

Kantor Pelayanan Pajak Mikro Dalam Melakukan Intensifikasi Pajak. JAKSI,

(2), 13-23.

Irawan, D. E. (2018). Kajian Pendidikan Tinggi IDRI untuk DPR RI dan Ristek

Dikti 2018.

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi.

Susanti, D., & Santi, S. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm)

Dalam Meningkatkan Minat Baca

Remaja (Studi Kasus di TBM Gunung Ilmu). Comm-Edu (Community

Education Journal), 2(3), 220-226




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id