Bentuk Pelaksanaan Ice Breaking Jenis Storytelling Yang Dilakukan Oleh Guru Dalam Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas Viii Di Smp Kristen Palangka Raya
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang menjadi kendala
dalam usaha guru dalam melaksanakan proses pembelajaran khusus dalam mata
pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP
Kristen Palangka Raya. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan motivasi yang
besar untuk belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya masih perlu untuk disempurnakan
lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Pelaksanaan Ice
Breaking Jenis Storytelling Yang Dilakukan Oleh Guru Dalam Pembelajaran
PPKn Siswa Kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya yang dilakukan sesudah
masa pandemi covid-19.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dimana
sampel dalam penelitian ini terd iri dari guru mata pelajaran PPKn dan siswa
sebanyak 9 orang yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling dan data
penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan ice breaking yang dilakukan dalam
pembelajaran PPKn siswa kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya meliputi dua
aspek yaitu pelaksanaan dan mengevaluasi faktor penghambat dan solusinya
dengan cara menerapkan bentuk ice breaking jenis storytelling ke dalam
pembelajaran PPKn. 2) Faktor penghambat penerapan ice breaking jenis
storytelling adalah yang pertama, fasilitas pendukung berlangsungnya penerapan
ice breaking jenis storytelling yang dilakukan secara daring melalui aplikasi
zoom dikarenakan peserta didik melakukan pembelajaran secara daring dimasa
pandemi ini maka tidak semua peserta didik mengunakan fasilitas seperti
handphone maupun laptop untuk mengikuti zoom. Sedangkan faktor
pendukungnya adalah adanya peserta didik yang bisa di ajak kerja sama, serta
guru yang mampu mengarahkan peserta didiknya agar mau melaksanakan
penerapan ice breaking jenis storytelling; 3) Solusi yang dilakukan dalam
pelaksanaan ice breaking jenis storytelling dalam pembelajaran PPKn siswa
kelas VIII yaitu Guru terus berusaha memberikan semangat, motivasi,
bimbingan kepada siswa, mengarahkan dan mengajak peserta didik agar mau melaksanakan ice breaking jenis storytelling bersama dalam pembelajaran PPKn.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakhtiar, Muhammad Ilham. 2015. “Pengembangan Video Ice Breaking
Sebagai Media Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan
Keterampilan Sosial.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling:
Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling.
https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1816.
Febriandar, Efi Ika. 2018. “Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan
Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
Sekolah Dasar.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual.
https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253.
Khoerunisa, Tiyara, dan Amirudin Amirudin. 2020. “Pengaruh Ice Breaking
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III
Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon.”
Edubase: Journal of Basic Education 1 (1): 84–92.
Sumardani. 2014. “Pengaruh Penerapan Teknik Ice Breaker Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar.” Universitas
Tanjungpura Pontianak. http://.
Tanjung, Mahardika Abdi Prawira. 2011. “Analisis Pengaruh Storytelling
Terhadap Game Lorong Waktu – Pangeran Dipenogoro Sebagai Media
Edukasi Sejarah.” Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) 5
(3): 1–4.
Alfaruqi, Ahmad Irfan. "Meningkatkan Daya Serap Siswa Pada
Pembelajaran Geometri Menggunakan Ice Breaking." Jurnal Riset
Pendidikan 2.01 (2016): 53-60.
Fanani, Achmad. "Ice breaking dalam proses belajar mengajar." Buana
Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 6.11
(2010): 25-28.
Alfaruqi, A. I. (2016). Meningkatkan Daya Serap Siswa Pada Pembelajaran
Geometri Menggunakan Ice Breaking. Jurnal Riset Pendidikan, 2(01),
-60.
Susanah, R., & Alarifin, D. H. (2014). Penerapan permainan penyegar (ice
breaking) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1).
Harsyad, Fatwal. Studi komparasi penggunaan ice breaking dan brain gym
terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Makassar. Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.577-588.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id