Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado

Budi Nurgianto, Fredrik G. Worang, Bode Lumanauw

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode
Regresi Linier Berganda untuk menjelaskan hubungan langsung dan tidak langsung
serta faktor psikologis secara simultan dan parsial dari variabel Motivasi, Persepsi,
Pembelajaran, Keyakinan, dan Sikap Terhadap Keputusan Konsumen untuk
membeli Tribun Manado. koran di Kota Manado, Sulawesi Utara. Objek penelitian
yang dipilih adalah Koran Harian Tribun Manado dengan jumlah sampel 120
responden. Teknik analisis data dengan bantuan software SPSS v.22.0 untuk
Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi (X1) berpengaruh
terhadap Keputusan Pembelian (Y). Persepsi (X2) berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y), Pembelajaran (X3) berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y), Keyakinan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y)), dan Sikap (X5) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan semua variabel X berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).


Keywords


Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan, Sikap dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Assael.H. (2001). Perilaku konsumen. Edisi keenam. New York: Pembelajaran

Thomson.

Azuwar dkk. (2013), Pengaruh Motivasi, Sikap Dan Bauran Pemasaran Terhadap

Perilaku Konsumen Pembelian Air Mineral Merek Seria Di Wilayah Sungai

Penuh, Jurnal Manajemen Vol.1 No.1 Desember

Dewi.UW (2008), Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap

Keputusan Pembelian Sepeda Motor “Honda†di Surabaya Barat. Jurnal

Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 10, No. 1 Maret

Endah.CH. (2015),Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap

Konsumen, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand

Livina di Central Dealer PT Nissan Motor Indonesia Jln. MT Haryono Kav.

Jakarta Timur, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No.1, Juli

Elfran.H. (2013), Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Dampak Terhadap

Keputusan Pembelian Produk PT. Rajawali Nusindo, Cabang Manado, Jurnal

EMBA 791 Vol.1 No.4 Desember

Fadila.D dan Zainal.R. (2013). Perilaku konsumen. Citra Books Indonesia:

Palembang

Fajaruddin.A. (2012) Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen

terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal BISNUS Vol.01. Tidak. 3 Agustus

Fauzi.A. (2018), Pengaruh Inovasi Produk, Sikap Konsumen dan Iklan Terhadap

Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di CV Sejati Mitra Motor

Medan Maryland, International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 12, December

Ferdinand.AT (2006). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Strategis. Badan

Penerbitan Universitas Diponegoro

Gunawan.S. (2015), The Impact of Motivation, Perception, and Attitude to

Consumer Purchasing Decision: A Study Case of Surabaya and Jakarta

Society on Carl's Junior, iBUSS Menegement Vol.03, No, 2, March 2015

Ghozali, Imam, (2005), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,

Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali, Imam, (2005), Aplikasi dengan Program AMOS 16.0, Badan Penerbitan

Universitas Diponegoro, Semarang

Maleke. CL, (2013). Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap

Keputusan Pembelian Blackberry Gemini pada PT. Megamitra Makmur

Sejahtera, Jurnal EMBA 551 Vol.1 No.3 September 2013

Manan.A. (2018). Ancaman Baru Dari Digital. Jakarta. Aliansi Jurnalis Independen

Indonesia

Mashadi. (2012), Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap dan Pembelajaran terhadap

Keputusan Pembelian Minuman Teh Botol Sosro di Depok, Jurnal Manajemen

Vol. 04, No. 02, November 2012

Mansour.HF, dan Abdelgardir MA (2016). Sikap Konsumen terhadap Layanan EBanking

di Bank Islam: Kasus Sudan. Review Bisnis dan Strategi

Internasional. Vol. 26 Iss 2 hlm.244-260.

Miftah.T. (2007), Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja. Grafilld

Mulyadi dan Rivai. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta dalam

cetakan kesembilan

Nugroho.Y. (2012). Pemetaan Kebijakan Media di Indonesia, Pusat Kebijakan dan

Tata Kelola Inovasi. 2012

Nazir.M. (2014). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Julia.VF (2019) Pengaruh Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Jasa Angkutan Lion Air di Kota Malang,

Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 6, No. 1, Juli 2019

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Perilaku. Yogyakarta: Andi.

Kairupan. MC, (2013). Sikap, Keyakinan, dan Efektivitas Iklan Mempengaruhi

Keputusan Penggunaan Produk US Card bagi Konsumen di Manado Town

Square, Jurnal EMBA vol.1 No.3 September 2013.

Kumal.S. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap

Keputusan Pembelian Mobil, Jurnal Manajemen Vol. 9. Februari 2017

Kotler, Plilip (2009). Manajemen Pemasaran. Volume I. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Yudhi. (2008), “Pengaruh Kualitas Produk, Merek dan Desain terhadap Keputusan

Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio,†Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, Juni

Laksmi, SH (2007). Indonesia: Alternative Media Menikmati Angin Segar, dalam

Seneviratne, K. (Ed.), Media Pluralism in Asia: The Role and Impact of

Alternative Media. Jakarta. Pusat Media dan Informasi Asia

Lomboan.R. (2013). Pengaruh Motivasi dan Persepsi sebagai Faktor Psikologis

Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Ninja, Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember

Long-Yi. (2012). The Relationship of University Student's Lifestyle, Money

Attitude, Personal Value, and Purchase Decision, International Journal of

Research in Management, Issue2, Vol. 1. Januari 2012

Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta

Rahma.D.(2015). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen, Kualitas

Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Yaris Di

Padang, Jurnal Ekonomi. Vol.6. No, 2. Maret 2015

Rakhmat.J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rudianto, Teguh. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen

terhadap Keputusan Pembelian Material di Ud Teguh Kramik Jaya Jepara,

Jurnal Ilmu Sosial dan Ekonomi. Vol. 4. No.2, September

Reagi.G, I. (2011), Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Konsumen,

dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Kecamatan di

Semarang. Jurnal Ekonomi, Vol.8.No10, Oktober 2011)

Rinandha.M. (2013). Motivasi, Persepsi, dan Keyakinan Pengaruhnya terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen pada Sepeda Motor Yamaha di Minahasa,

Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013

Suryani.T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha

Ilmu

Saputra. R (2013), Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen

terhadap Keputusan Pembelian Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Manajemen

Pemasaran Vol.1, No.1, Februari

Satria.W dan Vernando. (2014), Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen

terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda di Kabupaten Kudus, Jurnal

Ekonomi dan Bisnis. Vol.9.No.3. Oktober

Setiawan, R., Pio, L., Cavaliere, L., Sankaran, D., Rani, K., Yapanto, LM, Laskar,

NH, Raisal, I., Christabel, GJA, Setiawan, R ., Petra, Inggris, Airlangga, U.,

Pio, L., Cavaliere, L., & Foggia, U. (nd). Akses ke Layanan Keuangan dan

Pemberdayaan Perempuan melalui kelayakan Keuangan Mikro. 1, 841-859.

Setyo. (2012), Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian

Sabun Lux, Jurnal Riset Sains Indonesia. Vol. 3, No. 1. April

Suryawardana. dkk (2019), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Mahasiswa Dan Mahasiswa Terhadap Keputusan Membeli Produk Melalui

Aplikasi Online Di Semarang, Jurnal Menegement Vo.8.No1. April

Schiffman dan Kanuk (2007). Perilaku konsumen. Edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks

Gramedia

Swastha. (2000), Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan

Modern, Jakarta: Liberty

Tompunu, Merna (2014), Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap

Konsumen Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian di KFC Bahu Mall

Manado, Jurnal EMBA Vol.2 No. 3 September 2014, Hal. 610-621

Benar-benar Retor.S. (2014), Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran,

Keyakinan dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Conbloc

Indonesia Surya Manado, Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September

Thogersen.J. (2013). Motif dan Sikap Membeli Konsumen Terhadap Makanan

Organik di Dua Pasar Berkembang: Cina dan Brasil, Jurnal Pemasaran

Internasional Edisi 3, Vol. 3

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & D. Alfabet,

Bandung

Wahyudhi. (2019). Pengaruh Sikap Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Indhihome Terkait Pelaksanaan Program CRS (Corporate

Social Responsibility), Earth and Environmental Science Journal, Vol. 343

Yan Januar Akbar. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi

Kualitas, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor

Honda di Semarang

Yuliawan, Eko, (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan

Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Zalora

Indonesia, (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen STIE Mikroskil Medan), Jurnal OPTIMAL Vol.12 no.2, 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.537-550.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id