Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode
Regresi Linier Berganda untuk menjelaskan hubungan langsung dan tidak langsung
serta faktor psikologis secara simultan dan parsial dari variabel Motivasi, Persepsi,
Pembelajaran, Keyakinan, dan Sikap Terhadap Keputusan Konsumen untuk
membeli Tribun Manado. koran di Kota Manado, Sulawesi Utara. Objek penelitian
yang dipilih adalah Koran Harian Tribun Manado dengan jumlah sampel 120
responden. Teknik analisis data dengan bantuan software SPSS v.22.0 untuk
Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi (X1) berpengaruh
terhadap Keputusan Pembelian (Y). Persepsi (X2) berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y), Pembelajaran (X3) berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y), Keyakinan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y)), dan Sikap (X5) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan semua variabel X berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assael.H. (2001). Perilaku konsumen. Edisi keenam. New York: Pembelajaran
Thomson.
Azuwar dkk. (2013), Pengaruh Motivasi, Sikap Dan Bauran Pemasaran Terhadap
Perilaku Konsumen Pembelian Air Mineral Merek Seria Di Wilayah Sungai
Penuh, Jurnal Manajemen Vol.1 No.1 Desember
Dewi.UW (2008), Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor “Honda†di Surabaya Barat. Jurnal
Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 10, No. 1 Maret
Endah.CH. (2015),Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap
Konsumen, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand
Livina di Central Dealer PT Nissan Motor Indonesia Jln. MT Haryono Kav.
Jakarta Timur, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No.1, Juli
Elfran.H. (2013), Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Dampak Terhadap
Keputusan Pembelian Produk PT. Rajawali Nusindo, Cabang Manado, Jurnal
EMBA 791 Vol.1 No.4 Desember
Fadila.D dan Zainal.R. (2013). Perilaku konsumen. Citra Books Indonesia:
Palembang
Fajaruddin.A. (2012) Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen
terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal BISNUS Vol.01. Tidak. 3 Agustus
Fauzi.A. (2018), Pengaruh Inovasi Produk, Sikap Konsumen dan Iklan Terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di CV Sejati Mitra Motor
Medan Maryland, International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 12, December
Ferdinand.AT (2006). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Strategis. Badan
Penerbitan Universitas Diponegoro
Gunawan.S. (2015), The Impact of Motivation, Perception, and Attitude to
Consumer Purchasing Decision: A Study Case of Surabaya and Jakarta
Society on Carl's Junior, iBUSS Menegement Vol.03, No, 2, March 2015
Ghozali, Imam, (2005), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,
Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Ghozali, Imam, (2005), Aplikasi dengan Program AMOS 16.0, Badan Penerbitan
Universitas Diponegoro, Semarang
Maleke. CL, (2013). Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap
Keputusan Pembelian Blackberry Gemini pada PT. Megamitra Makmur
Sejahtera, Jurnal EMBA 551 Vol.1 No.3 September 2013
Manan.A. (2018). Ancaman Baru Dari Digital. Jakarta. Aliansi Jurnalis Independen
Indonesia
Mashadi. (2012), Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap dan Pembelajaran terhadap
Keputusan Pembelian Minuman Teh Botol Sosro di Depok, Jurnal Manajemen
Vol. 04, No. 02, November 2012
Mansour.HF, dan Abdelgardir MA (2016). Sikap Konsumen terhadap Layanan EBanking
di Bank Islam: Kasus Sudan. Review Bisnis dan Strategi
Internasional. Vol. 26 Iss 2 hlm.244-260.
Miftah.T. (2007), Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja. Grafilld
Mulyadi dan Rivai. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta dalam
cetakan kesembilan
Nugroho.Y. (2012). Pemetaan Kebijakan Media di Indonesia, Pusat Kebijakan dan
Tata Kelola Inovasi. 2012
Nazir.M. (2014). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Julia.VF (2019) Pengaruh Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Jasa Angkutan Lion Air di Kota Malang,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 6, No. 1, Juli 2019
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Perilaku. Yogyakarta: Andi.
Kairupan. MC, (2013). Sikap, Keyakinan, dan Efektivitas Iklan Mempengaruhi
Keputusan Penggunaan Produk US Card bagi Konsumen di Manado Town
Square, Jurnal EMBA vol.1 No.3 September 2013.
Kumal.S. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap
Keputusan Pembelian Mobil, Jurnal Manajemen Vol. 9. Februari 2017
Kotler, Plilip (2009). Manajemen Pemasaran. Volume I. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Yudhi. (2008), “Pengaruh Kualitas Produk, Merek dan Desain terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio,†Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, Juni
Laksmi, SH (2007). Indonesia: Alternative Media Menikmati Angin Segar, dalam
Seneviratne, K. (Ed.), Media Pluralism in Asia: The Role and Impact of
Alternative Media. Jakarta. Pusat Media dan Informasi Asia
Lomboan.R. (2013). Pengaruh Motivasi dan Persepsi sebagai Faktor Psikologis
Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Ninja, Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember
Long-Yi. (2012). The Relationship of University Student's Lifestyle, Money
Attitude, Personal Value, and Purchase Decision, International Journal of
Research in Management, Issue2, Vol. 1. Januari 2012
Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta
Rahma.D.(2015). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen, Kualitas
Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Yaris Di
Padang, Jurnal Ekonomi. Vol.6. No, 2. Maret 2015
Rakhmat.J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rudianto, Teguh. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen
terhadap Keputusan Pembelian Material di Ud Teguh Kramik Jaya Jepara,
Jurnal Ilmu Sosial dan Ekonomi. Vol. 4. No.2, September
Reagi.G, I. (2011), Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Konsumen,
dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Kecamatan di
Semarang. Jurnal Ekonomi, Vol.8.No10, Oktober 2011)
Rinandha.M. (2013). Motivasi, Persepsi, dan Keyakinan Pengaruhnya terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen pada Sepeda Motor Yamaha di Minahasa,
Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013
Suryani.T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Penerbit Graha
Ilmu
Saputra. R (2013), Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen
terhadap Keputusan Pembelian Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Manajemen
Pemasaran Vol.1, No.1, Februari
Satria.W dan Vernando. (2014), Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen
terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda di Kabupaten Kudus, Jurnal
Ekonomi dan Bisnis. Vol.9.No.3. Oktober
Setiawan, R., Pio, L., Cavaliere, L., Sankaran, D., Rani, K., Yapanto, LM, Laskar,
NH, Raisal, I., Christabel, GJA, Setiawan, R ., Petra, Inggris, Airlangga, U.,
Pio, L., Cavaliere, L., & Foggia, U. (nd). Akses ke Layanan Keuangan dan
Pemberdayaan Perempuan melalui kelayakan Keuangan Mikro. 1, 841-859.
Setyo. (2012), Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian
Sabun Lux, Jurnal Riset Sains Indonesia. Vol. 3, No. 1. April
Suryawardana. dkk (2019), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Mahasiswa Dan Mahasiswa Terhadap Keputusan Membeli Produk Melalui
Aplikasi Online Di Semarang, Jurnal Menegement Vo.8.No1. April
Schiffman dan Kanuk (2007). Perilaku konsumen. Edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks
Gramedia
Swastha. (2000), Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan
Modern, Jakarta: Liberty
Tompunu, Merna (2014), Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap
Konsumen Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian di KFC Bahu Mall
Manado, Jurnal EMBA Vol.2 No. 3 September 2014, Hal. 610-621
Benar-benar Retor.S. (2014), Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran,
Keyakinan dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Conbloc
Indonesia Surya Manado, Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September
Thogersen.J. (2013). Motif dan Sikap Membeli Konsumen Terhadap Makanan
Organik di Dua Pasar Berkembang: Cina dan Brasil, Jurnal Pemasaran
Internasional Edisi 3, Vol. 3
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & D. Alfabet,
Bandung
Wahyudhi. (2019). Pengaruh Sikap Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Indhihome Terkait Pelaksanaan Program CRS (Corporate
Social Responsibility), Earth and Environmental Science Journal, Vol. 343
Yan Januar Akbar. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi
Kualitas, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor
Honda di Semarang
Yuliawan, Eko, (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan
Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Zalora
Indonesia, (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen STIE Mikroskil Medan), Jurnal OPTIMAL Vol.12 no.2, 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.537-550.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id