Analisis Pentingnya Pembangunan Pendidikan Karakter Siswa Dalam Mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia di SMP Muhammadiyah Surakarta

Ika Widiastuti, Julhidayat Muhsam, Pandu Adi Cakranegara

Abstract


Pembangunan pendidikan karakter sangat penting dilaksanakankarena siswa tidak
hanya dididik dari segi kecerdasan intelektual saja namun dididik pula dari segi
karakter atau perilaku positif siswa. Namun pada kenyataannya banyak perilaku
negative yang dilaksanakan oleh siswa.Hal ini menjadi tugas pokok pemerintah,
pengajar, orang tua dan masyarakat untuk berperan dalam memajukan
pembangunan pendidikan karakter guna mewujudkanSDM yang bermutu. Adapun
tujuan penelitian adalah dapat mengetahui kendala dalam membentuk perilaku
positif siswa di SMP Muhammadiyah Surakarta.Metode penelitian yaitu kualitatif
yang bertujuan untuk melakukan pengamatan terhadap perilaku orang.Hasil
penelitian yaitu pelaksanaan pendidikan moral dapat mempengaruhi perilaku siswa.
Diharapkan dapat merubah dan membentukperilaku siswa menjadi lebih baik.
Diperlukan adanya kerjasama dan dukungan berbagai pihak supaya implementasi
pendidikan karakter dapat berjalan dengan efektif.


Keywords


development, character education, human resources

Full Text:

PDF

References


A., Doni Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di

Zaman Global.Jakarta: Grasindo.

Achmad, S.Ruky. (2006). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Amri, Sofan dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.

Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter

di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Bogdan & Taylor. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif; suatu

pendekatan fenomenologis terhadap ilmu~ihnu sosial. Surabaya: Usaha

Nasional.

Danim, Sudarwan. (1996). Transformasi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi

Aksara.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi).

Bandung:Alfabeta.

Kertajaya, Hermawan. (2010). Grow with Character: The Model Marketing.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kesuma, Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di

Sekolah. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

_____________ , (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Rahardjo. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (3).

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta.

Sedarmayanti. (2000). Restukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk

Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Masdar Maju.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.255-262.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id