Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja

Nuning Nurna Dewi

Abstract


Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang merupakan salah satu piranti dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul memiliki komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain. Komponen-komponen tersebut adalah siswa, kurikulum, bahan pelajaran, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan lainnya, lingkungan, sarana fasilitas, proses belajar mengajar dan hasil atau output. Semua komponen itu harus berkembang sesuai tuntutan zaman dan perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya. Dalam proses perubahan tersebut individu organisasi dan lembaga harus meningkatkan kemampuan dan performancenya sehubungan dengan tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Perubahan tidak akan berjalan tanpa dukungan dari sumber daya manusia yang merupakan aset yang dapat memberikan konstribusi lebih dalam pencapain tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin guru terhadap komitmen pencapaian kinerja guru di UPT Pendidikan SMP Negeri Sapeken. Pengambilan sampel hanya 45 orang maka semua populasi akan diambil sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini terbukti benar, bahwa kinerja guru dan karyawan SMPN 1 Sapeken secara bersama-sama dipengaruhi oleh eksistensi, keterkaitan, pertumbuhan, pengetahuan, intensif dan sikap, pada tingkat signifikansi kurang dari 5% dengan F rasio sebesar 29,107 serta nilai koefisien determinasi (R2)  sebesar  0,7507. 2. Hipotesis kedua yang diajukan  dalam penelitian ini, yaitu pengetahuan mempengaruhi kinerja karyawan SMPN 1 Sapeken secara dominan, dengan taraf signifikansi kurang dari 5% dengan nilai t sebesar 4,903 serta nilai koefisien determinasi parsialnya (r2) sebesar 6776.

School as an educational institution which is one of the tools in preparing superior Human Resources (HR) has components that are interrelated with one another. These components are students, curriculum, learning materials, teachers, principals, other education personnel, environment, facilities, teaching and learning processes and the results or outputs. All these components must develop according to the demands of the times and the changes in the environment that occur around them. In the process of change, individual organizations and institutions must improve their abilities and performance with respect to their goals, resources, and environment. Change will not take place without the support of human resources, which are assets that can contribute more to achieving organizational goals. This study aims to conduct a study on the influence of principal leadership and teacher discipline on commitment to achievement of teacher performance at the Sapeken State Junior High School Education Unit. Taking a sample of only 45 people, all population will be taken as a sample. Based on the results of the research that has been done, the following conclusions can be drawn: 1. The first hypothesis proposed in this study is proven correct, that the performance of teachers and employees of SMPN 1 Sapeken is jointly influenced by the existence, relationship, growth, knowledge, intensity and attitude, at a significance level of less than 5% with an F ratio of 29.107 and the coefficient of determination (R2) of 0.7507. 2. The second hypothesis proposed in this study, namely knowledge dominantly affects the performance of SMPN 1 Sapeken employees, with a significance level of less than 5% with a t value of 4.903 and a partial determination coefficient value (r2) of 6776.


Keywords


Motivation, discipline, monitoring of performance achievement

Full Text:

PDF

References


As’ad, M. 1998. Seri Manajemen Sumber Dayu Mnusia Psikologi Industri. Bandung:

Penerbit Alumni

Ametebum, 1980. Supervisi pendidikan : penuntun Bagi Pembina Pendidikan kepala

sekolah & Guru – Guru. Malang : IKIP Malang

Asnawi. S. 2007. teori motivasi dalam pendekatan psikologi dan organisasi, Jakarta:

Cetakan ke 3, Studia Press.

Burhanuddin. 1999. Kepemimpinan dalamm rangka pemberdayaan sumber daya

manusia di dalam organisasi, journal manajemen pendidikan, 29 (1) :43-51

Davis. K & Nestrom. J.W. 1996. perilaku dalam organisasi, Jakarta : Jilid A,

Terjemahan Agus Dharma Erlangga

Dharma. A. 1986. Gaya kepemimpinan yang efektif bagi manajer, Bandung : CV. sinar

Bru.

Dharma. S. & Akib. H. 2004. Budaya Organisasi Kreatif, mencermati Budaya

Organisasi Sebagai Faktor Predikator determinan kreatifitas, Manajemen

Usahawan Indonesia, No. 03. XXXII – Maret, hal 22-28

Dessler, Gary, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid

I, PT. Prenhalindo Inc., Virginia

Dubrin, A.J., 1989, Human Relation Job Oriented Aproach, Forth Edition, Reston

Publishing Company Inc, Virginia

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis

Sekolah. Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Depdikanas.

Effendi. A.R. 1989. Kepemimpinan Guru TK yang Efektif, makalah disajikan dalam

pelatihan keterampilan manajerial kepala sekolah.

Effendi, 1998. Prinsip-prinsip Pengukuran dan Penyusunan Skala, Metode Penelitian

Survey, LP3ES, Jakarta.

Elliot, 2996. Educational Pschology company. New Tork, Narcount, ,Brace and

company

Ferdinand. A. 2000. Struktural Equation modeling dalam penelitian manajemen

Aplikasi Model-model rumit dalam penelitian untuk tesis S-2 & disertasi S-3,

Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro

Flippo. E.B. 1989. Manajemen Personalia, Jakarta: Terjemahan Mas’ud. M, Gelora

Aksara Pratama.

Gani. A. 2006. Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi kerja

terhadap kinerja karyawan industry kayu olahan dikota Makasar, Disertasi tidak

diterbitkan, Malang : Program Psacasarjana Universitas Brawijaya.

Ghozali. I. 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengue program SPSS. Badan Penerbit

Universitas Dipenogoro. Semarang.

Gemnafle. M. 2003. Hubungan antara budaya organisasi, keterampilan manajerial

kepala sekolah dan pelaksanaan fungsi pengawasan dengan kinerja guru dalam

mangajar pada SMU Negeri dan Swasta di Sulawesi Tenggara, Disertasi tidak

direbitkan, Malang, Program Pascasarjana Universitas negeri Malang.

Gibson, J, L.J.M. Ivancevich dan J.H. Donnelly, JR. 1984, Organisasi dan Manajemen,

Perilaku struktur, dan proses. Edisi keempat, penerbit Erlangga, Jakarta.

Gibson. J.L. 1987. Organisasi dan Manajemen Perilaku : Struktur, proses, Jakarta,

Edisi 4, alih Bahasa Djoerban Wahid , Erlangga

Gito Sudarsono, I, 1988, Sistem Perencanaan dan pengkendalian, Edisi pertama,

Cetakan Kedua BPFE, UGM, Yogyakarta.

Hasibuan. MS. 2003, Organisasi dan Motivasi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, MS, 2007. Manajemen Sumber Daya Mamma dan Kunci keberhasilan, Bumi

Aksara, Jakarta

Gitosudarmo & Sudita. 2000. Perilaku Korganisasian , Yogyakarta: BPFE.

Idris. A. 2006. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Perusahaan dan Pengmbangan

Sumber Daya Manusia terhadap kinerja karyawan Industri kakao pada kawasan

Industri Makasar di Sulawesi Selatan. Disertasi tidak diterbitkan, Malang:

Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya.

Kreitner. R., & Kinicki. A. 2003. Perilaku Organisasi, Jakarta: Terjemahan Erly. S.

Salemba Empat.

Locke. E.A. 1997. Esensi Kepemimpinan, Jakarta: Mitra Utama. Mangkunegara AP.

, Manajemen Sumber Daya Manusia Mamr.cicr. Perusahaan, Penerbit PT.

Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa.2006. Manajemen Berbasis Sekolah. cetakan Kesepuluh. Penerbit PT. Remaja

Rosdakarya. bandung.

Nawawi, H. 1997.Manajemen Sumber daya Manusia Untuk bisnis Yang Kompetitil.

Cetakan pertama, Gajag Mada University Press, Yogyakarta.

Petterson, 1991, Psikologi pendidikan & Evalusai belajar. Jakarta: Gramedia.

Ranupandojo H. 1996, Manajemen Personalia, Edisi III, BPFE, Yogyakarta.

Sanusi. A. 2003. metode penelitian praktis untuk ilmu social dan ekonomi, Malang:

Cetakan pertama, Buntara Media.

Tilaar, 2004. Manajemen Pendidikan Nasional. Cetakan ke tujuh. Dicetak oleh PT.

Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

Utaminingsih. A. 2006. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Gaya Kepemimpinan,

Kepercayaan dan Komitmen pada Organisasi, Disertasi tidak dipublikasikan,

Malang: Program pascasarjana,, universitas Brawijaya.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan, Jakarta: Grafindo Persada.

Yuki. G.A. 1994. Kepemimpinan dalam organisasi, Jakarta, Edisi Bahasa Indonesia :

Alih bahasa Yusuf Udaya, 1998. PT. Prenhalindo.

Zahera. S. 1997. hubungan konsep diri dan kepuasan kerja dengan sikap guru dalam

proses belajar mengajar, jurnal ilmu pendidikan, 4 (3) : 183:194.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.355-366.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id