Link and Match Between Hypnoteaching and Transformative Learning A Study Toward Practical Dimension in Learning
Abstract
Hypnoteaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang memiliki tujuan yang sama dengan pembelajaran transformative, yaitu merubah mindset sasarannya yang dalam konteks ini adalah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian dari metode hypnoteaching dan transformative learning ditinjau dari sisi input, proses dan hasil. Langkah-langkah penelitian yang ditempuh adalah melakukan studi pendahuluan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dari sisi input, pendidik memiliki kualifikasi yang sesuai dari sisi penguasaan metode hypnoteaching namun belum memahami komponen pembelajaran transformatif, (2) dari sisi proses, langkah-langkah pembelajaran transformative tidak sepenuhnya tercover dalam langkah-langkah metode hypnoteaching dan (3) dari sisi hasil, dampak instruksional berupa pemerolehan sikap kritis telah tercapai, sedangkan dampak pengiring berupa peningkatan capaian prestasi masih sangat sedikit jika ditinjau dari sisi jumlah baik dari sisi keikutsertaan dalam event prestasi dan jumlah penghargaan yang diperoleh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, I. 2007. Teknologi Pendidikan dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.
Anggraeni, Y. 2016. Model Solusi dan Panduan Implementasi Pembelajaran Transformatif pada Program Pembinaan Karang Taruna. Tesis. Malang. Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Dweck, CS. (2006). Mindset: The New Psychology of Succes. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta
Hardika. 2014. Model Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning How To Learn Untuk Peningkatan Kreatifitas Belajar Mahasiswa. Madrasah, Vol. 6, No. 2, Januari-Juni 2014
Hasan, F. 2015. Pengembangan Model Pembelejaran Transformatif untuk Program Pembinaan Karangtaruna. Tesis. Malang. Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Hasan, F. 2017. Model Pembinaan Transformatif untuk Program Pembinaan Karang Taruna. Universitas Jember. Pancaran Pendidikan Vol 6, No. 1, hal 179-192, Februari 2017
Hasbullah & Rahmawati, E. Y. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Formatif 5 (1) : 83-90, 2015
Istiani, N & Islamy, A. (2020). Hypnoteaching Sebagai Metode Alternatif dalam Pembelajaran Materi Keagamaan, Kjian Konsep dan Teknis pada Pembelajaran Spiritual. Sustainable, Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Volume 03 Nomor 02 Tahun 2020 https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i2.1382
Jaya, N. T. 2010. Hypnoteaching Bukan Sekedar Mengajar. Bekasi: D-Brain
Moedzakir, M. D. 2010. Metode Pembelajaran untuk Program-Program Pendidikan Luar Sekolah. Malang : UM Press
Miftakhurozaq. 2018. Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran PAI. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06, No. 01 Juni 2018 Hal 83-104
Noer, M. 2010. Hypnoteaching for Succes Learning. Yogyakarta: PT Pustaka Intan Madani
Novak, J.D. & Gowin, B. D. 2004. Learning How To Learn. Cambridge University Press.
Ramadhan, M. D., & Winaryati, E. 2016. Korelasi Metode Pembelajaran Terhadap Mindset Siswa pada Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhamadiyah Semarang Volumen 04 Nomor 01 Maret 2016
Taylor, E. W., & Cranton, P. (2013). A Theory in Progress? Issues in Transformative Learning. Europan Journal for Research on the Education and Learning of Adults, Vol.4, No. 1, 2013, pp. 33-47
Zhang R. (2009) Data Reduction. In: LIU L., ÖZSU M.T. (eds) Encyclopedia of Database Systems. Springer, Boston, MA. https://doi.org/10.1007/978-0-387-39940-9_533
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.405-412.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id