Evaluasi Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Di Smk Ypk Kesatuan Jakarta

Masruroh Masruroh, Somariah Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa hambatan- hambatan
dalam sosialisasi program BOS, implementasi program BOS dan manajemen
pengelolaan program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta, dengan menggunakan
model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model Evaluation). Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan
dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala Sekolah, bendahara BOS,
guru, orang tua dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan ada kesenjangan dalam sosialisasi program BOS dan hambatan-hambatanya yaitu komunikasi yang kurang efektif , TIM BOS tidak memahami tugas dan fungsinya. Implementasi program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta, 10 komponen sesuai juknis, 3 komponen terjadi ketimpangan antara juknis BOS dengan realisasi pembelanjaan yaitu pembelian alat multimedia pembelajaran, pembayaran honor guru, dan kegiatan praktek kerja industri. Manajemen pengelolaan dana BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta terjadi ketimpangan, peneliti tidak mendapatkan dokumen RKAS untuk dianalisis.


Keywords


Manajemen keuangan, program BOS, transparansi, akuntabiliti

Full Text:

PDF

References


Anas, A. (2016) ‘Implementasi program dana bantuan operasional sekolah SMA

Negeri 1 Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara’, Katalogis, 4(5), pp. 14–

Anggraini, E. (2013) ‘Evaluasi program Bos dalam peningkatan Sarana

Pendidikan’,

Jurnal Administrasi Pembangunan, 1, pp. 101–218.

Attanasio, O., Fitzsimons, E. and Gomez, A. (2005) The impact of a conditional

education subsidy on school enrolment in Colombia. London.

Dearden, L. et al. (2005) Education subsidies and school drop-out rates.

WP05/11.

Dearden, L. and Heath, A. (1996) ‘Income support and staying in school: What

can we learn from Australia’s AUSTUDY experiment?’, Institute for Fiscal

Studies, 17(4), pp. 1–30.

Fatah, N. (1998) Studi tentang pembiayaan pendidikan sekolah Dasar. Bandung:

PT.Remaja Rosda karya.

Glewwe, P. and Olinto, P. (2004) Evaluating the impact of conditional cash

transfers on schooling: An experimental analysis of Honduras’s PRAF

program. Final Report for USAID. Washington, DC.

Halik, A., Hidayati, N. and Amin, M. (2018) ‘Analisis pengelolaan dana bantuan

operasional sekolah (BOS) tahun 2017 di SMA Islam Dempo Timur Pasean

Pamekasan’, e-JRA, 07(08), pp. 96–108. Available at:

http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/viewFile/1447/1419.

Johns, R. L., Morphet, E. L. (Edgar L. and Alexander, K. (1983) The economics

and financing of education. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Available at:

https://www.worldcat.org/title/economics-and-financing-ofeducation/

oclc/8476932.

Lalupanda, E. M. (2019) ‘Evaluasi implementasi program bantuan operasional

penyelenggaraan anak usia dini’, Jurnal Manajemen dan Supervisi

Pendidikan, 3(2), pp. 56–62. doi: 10.17977/um025v3i22019p056.

Maluccio, J. A. and Flores, R. (2005) Impact evaluation of conditional cash

transfer. Research Report 141. Washington, DC.

Oebadillah, S. (2019) ‘Penyalahgunaan dana BOS dinilai masih lemah’,

Media Indonesia, p. 1. Available at:

http://mediaindonesia.com/raed/detail/260085- pengelolaan-danabos-

dinilai-masih-lemah.

Prihatin, A. A. (2013) Evaluasi program bantuan operasional sekolah ( BOS

) dana anggaran pendapatan belanja negara ( APBN ) tahun 2012 (

Studi pada sekolah menengah pertama ( SMP ) Negeri 6 Kabupaten

Bintan ). Universitas Maritim Raja Haji. Available at:

https://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/2013/08/NasPub-

AULIA-080563201004-2013.pdf.

Robbin, S. P. (2013) Organizational behavior. New York: Pearson

Education. Inc. Prentice Hall.

Schady, N. and Araujo, M. C. (2008) ‘Cash transfer, conditions, and school

enrollment in Ecuador’, Economia Journal, The Latin American and

Caribbean Economic Association - LACEA, 0 (spring, pp. 43–77.

Schultz, T. P. (2004) ‘School subsidies for the poor: evaluating the Mexican

Progresa poverty program’, Journal of Development Economics, 74(1),

pp. 199–250.

Silele, E., Sabijono, H. and Pusung, R. J. (2017) ‘Evaluasi pengelolaan dana

bantuan operasional sekolah (BOS) (Studi kasus pada SD Inpres 4 Desa

Akediri Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat) Evaluation of

management of operational Funt of case study in The SD Inpres 4 Akediri

Village District Jail’, Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,

Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), pp. 1626–1635.

Sulistiyorini (2006) Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Elkaf.

Sulistyaningrum, E. (2016) ‘Impact evaluation of the school operational

assistance program (Bos) using the matching method’, Journal of

Indonesian Economy and Business, 31(1), pp. 33–62. doi:

22146/jieb.10319.

Sunardi (2017) ‘Efektivitas penggunaan program bantuan operasional sekolah

(BOS) di SMK Kristen Immanuel Kota Pontianak program keahlian

akuntansi dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product )’,

Jurnal Akuntansi, 2(4), pp. 1–23.

Suryosubroto, B. (2004) Manajemen pendidikan sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Dosen Adminstrasi Pendidikan Universitas Pendidikan (2009)

Manajemen pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Tim Pikiran Rakyat (2019) ‘BPK temukan tujuh sekolah Gunakan dana BOS

tidak sesuai peruntukan’, Pikiran Rakyat, pp. 1–2. Available at:

www.pikiran- rakyat.com/pendidikan/pr-01318254/bpk-temukan-tujuhsekolah-

gunakan-dana-bos- tidak-sesuai-peruntukan.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.551-562.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id