Sistem Pemasaran Ikan Cakalang di Tempat Pelelangan Ikan TPI Desa Katialada Provinsi Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sistem pemasaran ikan cakalang di
Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Katialada Kecamatan Kwandang Kabupaten
Gorontalo Utara dan (2) Mengetahui margin pemasaran dan efesiensi pemasaran
ikan cakalang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Katialada Kecamatan
Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif. Data primer dan data sekunder yang telah dikumpulkan disajikan
dalam bentuk bagan dan tabel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 orang dengan
metode penarikan sampel yakni total sampling. Hasil penelitian disimpulkan bahwa
Pemasaran hasil tangkapan ikan cakalang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa
Katialada Desa memiliki sistem pemasaran dari nelayan ke pedagang pengumpul
ke pedagang besar ke pedagang pengecer dan ke konsumen. Margin pemasaran
ikan cakalang di TPI Katialada Kecamatan Kwandang Kabupatgen Gorontalo Utara
sebesar Rp. 2.500 sedangkan tingkat efisiensi pemasaran adalah 4,2% < 5% dengan kategori efisien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2012. Pemilihan Lokasi Budidaya. Departemen Kelautan DanPerikanan.
Direktoral Jendral Perikanan Budidaya Balai Budidaya
Lampung Hal 8.12.https://repository.ipb.ac.id. 6 Des ember 2019 (10.12).
Hanafiah A.M, dan Saefuddin 2013. Sistem Pemasaran dan Margin. PT.
RajaGrafindo Persada.
Handoko, 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rineka Cipta. 10 Desember 2019
(13.00) .
Hapsari, TD. 2013. pemasaran Distribusi dan margin hasil tangkapan ikan tongkol
(Euthynus offinis) di TPI Ujungbatu Jepara. Aquasains (Jurnal Ilmu
Perikanan dan Sumberdaya Perairan). Vol 2:132.138. http://journal.ipb.ac.id.10
Desember 2019 (10.15).
Oktariza W, 1996. Studi Distribusi Pemasaran Hasil Perikanan Laut dari
Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Buletin Ekonomi Perikanan. Vol. 2
(2): 34.43. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jtpk/article/view/11924. 8 Des
ember 2019 (10.15).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif dan R &D.
Alphabeta.Bandung.Cetakan ke Sepuluh. https://www.google.com/9
Desember 2019 (10.10).
Yapanto, L. M., Salam, A., & Hamzah, Z. Y. (2020). Tataniaga Dan Margin
Pemasaran Ikan Tuna Di Kota Gorontalo (The marketing of Tuna Fish in
Gorontalo City) mengetahui efisiensi pemasaran ikan metode survei, menurut
Singaribuan menggunakan metode purposive. 2(2), 38–45.
Widiastuti, Nur. Dan M.Harisudin.2013.Saluran Dan Margin
PemasaranIkanKabupaten Grobongan. SEPA, 9(2): 231.240. https://www.r
esearchgate.net/publication 6 Desember 2019 (11.15).
Olii, A. H., Yapanto, L. M., & Akili, S. A. (2019). The Efficiency Handline Fishing
Gear in Gorontalo Regency, Indonesia. Asian Journal of Fisheries and
Aquatic Research, 1–10. https://doi.org/10.9734/ajfar/2019/v4i430061
Yapanto, L. M., Tanipu, F., Paramata, A. R., & Actors, E. (2020). The Effectiveness
Of Fishery Cooperative Institutions. 17(25), 1329–1338.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.233-238.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id