Hubungan Antara Respon Siswa Dalam Pembelajaran Atas Motivasi Belajar Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara respon peserta didik dalam pembelajaran atas motivasi belajar siswa kelas 4 SD. Penelitian dilaksanakan di SDI Perumnas 2 Kota Kupang. Memanfaatkan metode non eksperimen. Spesime meliputi 20 peserta kelas IV SDI Perumnas 2 Kota Kupang. Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket sebanyak 20 soal dengan empat pilihan jawaban. Hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa adalah terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan mana t hitung: 18,184 > t tabel: 2,021, sehingga Ha di terima yaitu “terdapat hubungan yang signifikan antara respon siswa dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDI Perumnas 2 Kota Kupang”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta:
PT.Rineka Cipta
Astuti, Resminingsih. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling PadaSatuan
Pendidikan Menengah Jilid I. Jakarta: PT Grasindo.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan
Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Robbins, Stephens. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
Widiana. 2016. Pengembangan asesmen proyek dalam Pembelajaran IPA di
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. P-ISSN: 2303-288X EISSN:
-7207
Wulandari. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar Dan Model
Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas
Reguler Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
ESENSI:Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4, No. 1
Yulianti, dk. 2017. Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar
Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi
Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol. 5, No. 2
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.263-272.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id