Hubungan Antara Respon Siswa Dalam Pembelajaran Atas Motivasi Belajar Kelas IV Sekolah Dasar

Julhidayat Muhsam, Ika Widiastuti, Pandu Adi Cakranegara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara respon peserta didik dalam pembelajaran atas motivasi belajar siswa kelas 4 SD. Penelitian dilaksanakan di SDI Perumnas 2 Kota Kupang. Memanfaatkan metode non eksperimen. Spesime meliputi 20 peserta kelas IV SDI Perumnas 2 Kota Kupang. Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket sebanyak 20 soal dengan empat pilihan jawaban. Hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa adalah terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan mana t hitung: 18,184 > t tabel: 2,021, sehingga Ha di terima yaitu “terdapat hubungan yang signifikan antara respon siswa dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDI Perumnas 2 Kota Kupang”.


Keywords


Respon siswa, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta:

PT.Rineka Cipta

Astuti, Resminingsih. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling PadaSatuan

Pendidikan Menengah Jilid I. Jakarta: PT Grasindo.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan

Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Robbins, Stephens. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Widiana. 2016. Pengembangan asesmen proyek dalam Pembelajaran IPA di

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. P-ISSN: 2303-288X EISSN:

-7207

Wulandari. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar Dan Model

Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas

Reguler Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

ESENSI:Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4, No. 1

Yulianti, dk. 2017. Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar

Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi

Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol. 5, No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.263-272.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id