Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Corry Yohana

Abstract


This study examines the factors which link learning outcomes, creative product and entrepeneurship. The purpose of this research is to understand the significance of the influence of learning creativity and learning independence with learning outcomes of creative and entrepreneurial products at public high vocational school. The number of samples of this research is 131 respondents. It was taken using simple random sampling technique. The analysis technique which has been used in this research is multiple linear regression. The resulting regression equation is Ŷ = 63.008 + 0.160 X1 + 0.132 X2. From the results of the simultaneous significance test (Test F) produces Fcount> Ftable, namely 100.183> 3.066, so it can be concluded that the regression equation is significant. Then the T- test was performed and the resulting Y on X1 tcount = 7.844 and t table = 1.65685, Y on X2 tcount = 6.315 and t table = 1.65685. It can be concluded that the correlation coefficient is positive and significant. The coefficient of Y determination on X1 and X2 is 0.610 which indicates that 61.0% of the learning outcome variable is determined by learning creativity and learning independence. Based on the results of the research, teachers and students should pay attention to the factors of learning creativity and learning independence as consideration in applying learning outcomes of creative and entrepreneurial products, because these variables have a significant positive effect on learning outcomes of creative and entrepreneurial products.

Penelitian ini mengkaji factor-faktor yang menghubungkan hasil belajar Produk Kreaktif dan Kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui signifikansi pengaruh Kreativitas Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Produk Kreaktif dan Kewirausahaan di SMK Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi diambil dari seluruh siswa SMK Negeri Jakarta. Jumlah sampel sebanyak 131 responden diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Tehnik analisis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 63,008 + 0,160 X1 + 0,132 X2. Dari hasil uji signifikansi simultan (Uji F) menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 100,183 > 3,066, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Kemudian dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 7,844 dan ttabel = 1,65685, Y atas X2 thitung = 6,315 dan ttabel = 1,65685. Dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 diperoleh sebesar 0,610 yang menunjukkan bahwa 61,0% variabel hasil belajar ditentukan oleh kreativitas belajar dan Kemandirian Belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, guru dan siswa ada baiknya memperhatikaan faktor-faktor kreativitas belajar dan Kemandirian Belajar sebagai bahan pertimbangan dalam mengaplikasikan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan, karena variabel ini secara signifikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan.


Keywords


Learning Outcomes, Learning Creativity, Learning Independence

Full Text:

PDF

References


Ahmad Zamhuri dengan judul "Pengaruh Kreativitas Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN Se-Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar” HIKMAH : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1 Januari - Juni 2017. P-ISSN: 2085-8663, E-ISSN: 2450-5611.

Beni S. Ambarjaya. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Yogyakarta: CAPS. 2012

Devi Setyowati dan I Wayan Widana, Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Emasains, Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN: 2302-2124.

George, Morrison. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. 2012.

Habsari, Sri. Bimbingan dan Konseling SMA untuk kelas XI. Jakarta: Grasindo. 2005.

Hessy Trishandiani, Inovasi dan Kreativitas, Tuntutan Utama Pendidikan Zaman Now (https://news.okezone.com/read/2018/4/13/ Inovasi dan Kreativitas, Tuntutan Utama Pendidikan Zaman Now). Diakses pada tanggal 26 Maret 2019.

Jamaris, Martini. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni. 2010.

Naglaa Fathy Mahmoud dengan judul “The Effect of Self- Learning Package Versus Lecture Method on Students' Intended Learning Outcomes”. World Journal of Nursing Sciences, 2015, ISSN: 2222-1352.

Naglaa Fathy Mahmoud, The Effect of Self- Learning Package Versus Lecture Method on Students' Intended Learning Outcomes. World Journal of Nursing Sciences, 2015, ISSN: 2222-1352.

Ni Kadek Lia Wulandari dan I Wayan Sudiarsa dengan judul, Hubungan Antara Kecerdasan Emosional, Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sukawati. Jurnal Emasains, Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN 2302-2124.

Nurhayati, Eti. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2011.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2010.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC. 2004.

Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. 2014

Syamsu Rijal dan Suhaedir Bachtiar dengan judul Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, Vol. 3, No. 2, Desember 2015, ISSN: 2338-6630.

Syamsu Rijal dan Suhaedir Bachtiar, Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, Vol. 3, No. 2, Desember 2015, ISSN: 2338-6630.

Umi Kulsum, Djoko Kustono dan Purnomo, Improvement of Learning Independence and Learning Outcomes on Textile Course through Hybrid Learning Model. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, Vol. 22, Issue 8, 2017, ISSN: 2279-0845.

Wibowo, Kreativitas dan Pendidikan Kita, (http://mediaindonesia.com/read /detail/38101-kreativitas-dan-pendidikan-kita, diakses padatanggal 26 Maret 2019). Diakses pada tanggal 26 Maret 2019.

Wilda, Salwah dan Shindy Ekawati, Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogy, Vol. 2, No. 1, ISSN: 2502-3802.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.89-102.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id