IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi)

Meli Febriani

Abstract


Ruang lingkup IPS adalah kehidupan sosial manusia di masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat inilah yang menjadi sumber utama IPS. Aspek kehidupan sosial apapun yang kita pelajari, apakah itu hubungan sosial, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah, geografi, ataupu politik, bersumber dari masyarakat. Sehingga dibutuhkan suatu pendekatan filsafat yang akan memberikan suatu pembelajaran yang modern tidak konvensional seperti pendekatan konstruktivisme. Guru disini tidak lagi menduduki tempat sebagai pemberi ilmu. Tidak lagi sebagai satu-satunya sumber belajar. Namun guru lebih diposisikan sebagai fasiltator yang memfasilitasi siswa untuk dapat belajar dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Dengan penggabungan pembelajaran IPS yang menggunakan pendekatan Konstruktivisme diharapkan mampu menjadikan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai

Keywords


Pendidikan IPS, Konstruktivisme

Full Text:

PDF

References


Lubis, T. N. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Samudra Biru.

Marnelly, T. R. (2018). Dinamika Sosial Budaya Masyarakat Melayu Pesisir (Studi Pengelolaan Madu Sialang di Desa Rawa Mekar Jaya). Jurnal Antropologi: Isu-Isu sosial budaya.

Mudjiono, D. d. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayogi, A. (2016). Dinamika Identitas Budaya Melayu dalam Tinjauan Arkeo-Antropologis. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam.

Retnoningsih, S. &. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. semarang: Widya Karya.

Sapriya. (2007). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning. Theory, Research and Practice. Second edition. Boston: Allyn and Bacon.

Soemantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosdakarya.

Zain, S. B. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id