Penerapan Model Pemebelajaran Grup Ivestigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Senori Tahun Pelajaran 2019/2020

Sri Susi Wiji Astuti, Sarjono Sarjono, Ahmad Hariyadi

Abstract


Activities and student learning outcomes by applying a group investigation learning model. This research was conducted at SMPN 1 Senori. The subjects of this study were class VII students in the 2019/2020 school year. The results of this study obtained data that teacher activity has increased namely in the first cycle 45.45%, the second cycle 70.45%, and the third cycle 81.81%. Student activity has increased namely in the first scilus by 44.93%, cycle II by 52.07%, and cycle III by 68.31% and student learning outcomes also increased by 62.83% and 72.90% for the first scilus , the second cycle was 71.22% and 75.96%, the third cycle was 72% and 78.06%. Based on the results of this study, it can be concluded that the application of the Group Investigation learning model can increase the activities and social learning outcomes of VII students grade of SMPN 1 Senori in the 2019/2020 school year.

Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Senori. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa Aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 45,45%, siklus II sebesar 70,45%, dan siklus III sebesar 81,81%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada skilus I sebesar 44,93%, siklus II sebesar 52,07%, dan siklus III sebesar 68,31% dan Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada skilus I sebesar 62,83% dan 72,90%, siklus II sebesar 71,22% dan 75,96%, siklus III sebesar 72% dan 78,06%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Senori tahun ajaran 2019/2020.


Keywords


Model Pembelajaran Group Investigation, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori & Aplikasi. Surabaya : Lentera Cendekia.

Arifin, Zaenal. 2013. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip Teknik Prosedur). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., Supardi. 2011.. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Hamiyah, Nur. dan Jauhar, Muhamad. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Darmuki, A., Hariyadi, Ahmad, 2019. Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Bebrbicara Menggunakan Mind Map Pada Mahasiswa kelas IA PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO TAHUN AKADEMIK 2019/2020. Di Unduh http://jurnal.umk.aci.id/index.php/kredo/index pada tanggal 02 April 2020.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugianto, Dwi. 2010. Belajar Dan Pembelajaran I. Tuban .

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi Paikem). Yogyakarta : Pustaka Belajar

Tim Pengembangan MKPD. 2011. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sriyono. 2010. Aktivitas Belajar. http://www.academia.edu/4570365/Aktivitas-Belajar., di akses 03 April

http://www.academia.edu/4570365/Model pembelajaran Group Investigation.

http://www..edu/45670365/ belajar dan aktivitas belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.37-42.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id