Keefektifan Building Learning Commitment Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Pelatihan

Nilna Sa'adah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan building learning commitment terhadap konsentrasi belajar peserta pelatihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun yang menjadi populasi adalah peserta pelatihan keahlian yang dibiayai oleh APBD APBN di UPT Pelatihan Kerja Singosari Malang. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode building learning commitment efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta pelatihan.

Keywords


Keefektifan building learning commitment, Konsentrasi belajar peserta, UPT Pelatihan Kerja

Full Text:

PDF

References


Alfiriani, A. (2018). Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. (August).

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: rineka cipta.

Evans, D. R. (1981). The Planning of Nonformal Education. Fundamentals of Educational Planning--30. ERIC.

Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Niaga Swadaya.

Indonesia, R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Indonesia, R. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2009 Tentang Standar Teknisi Sumber Belajar pada Kursus dan Pelatihan. Retrieved from ???

Indonesia, R. (2014). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013–2015.

Nasution, N. R. (2016). Analisis Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam Kaitannya dengan Keefektifan Laba Perusahaan pada RS. GL Tobing PTPN II (Persero) Tanjung Morawa Deli Serdang.

Setiyowati, E., Hambali, I., & Widianto, E. (2018). KEBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HUTAN DALAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM). Jurnal Pendidikan Nonformal, 11(2), 105–111.

Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi. Pendidikan,(Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Surya, H. (2009). Cara Konsentrasi Belajar. Tersedia Pada: Http://Hendrasurya. Blogspot. Com/2009/02/Cara-Konsentrasi-Belajar. Html. Diakses Tanggal, 16.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra.

Trisnawati, A. A. I. A. (2009). PERANAN BUILDING LEARNING COMMITMENT (BLC ) DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TEKNIS BAGI PETUGAS LABORATORIUM FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2015. 10(1978), 26–30.

Widianto, E. (2015). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.317-328.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id