Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Didukung Media Visual Pada Pembelajaran IPA Dalam Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam

Agnes Mayta Andini, Bambang Soenarko, Muhamad Basori

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi temuan lapangan, yang ditengarai siswa menampakkan kesan adanya kebosanan dan tampak kurang terlibat dalam aktivitas pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah tanpa didukung media. Mata pelajaran IPA harus menanamkan konsep ilmiah dan melakukan berbagai percobaan agar siswa mampu memecahkan masalah. Dari keberagaman model pembelajaran yang ada, salah satu model pembelajaran yang dipertimbangkan dapat digunakan untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif yaitu model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Model IOC merupakan konsep belajar yang bertujuan agar siswa dapat menyampaikan informasi dari isi materi kepada orang lain. Model IOC memiliki langkah-langkah yaitu persiapan, pelaksanaan, simpulan materi, dan evaluasi. Disamping penggunaan model pembelajaran guru dapat menggunakan media pembelajaran yang dikreasi sedemikian rupa sehingga lebih menarik minat belajar dan membangun antusiasme. Dari sekian banyak media pembelajaran, yang dipertimbangkan efektif salah satunya yaitu media visual. Media visual merupakan media yang dapat dilihat, memiliki bentuk, warna, dan tekstur dalam penyajiannya yang menarik. Dengan media visual, guru dapat meminimalkan sistem penyampaian ceramah.


Keywords


pembelajaran IPA, Inside-Outside Circle, Media visual

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Azhar, Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. 1993. Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Bandung: Tarsito.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Norhayati, Eni. 2006. Teori Ringkas Latihan Soal dan Pembahasan IPA SD Kelas IV, V, VI. Yogyakarta: Intersolusi Pressindo.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT

Indeks.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: CV

Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana

Pusaka.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah https://bnsp-indonesia.org (diunduh 26 April 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.249-264.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id