Kemitraan Pendidikan Antara Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat di Era Industri 4.0

Halim K Malik

Abstract


Kemitraan pendidikan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat adalah pilar penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan perkembangan peserta didik. Artikel ini membahas peran strategis sinergitas tripusat pendidikan untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara holistik. Sekolah berfungsi sebagai lembaga formal yang melaksanakan pendidikan, keluarga menjadi lingkungan pertama yang menempa nilai dan norma, dan masyarakat berperan sebagai ruang publik yang mempererat pengalaman belajar peserta didik. Melalui kajian literatur artikel diyakini bahwa keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kemitraan, di antara ketiga unsur tersebut. Dukungan keluarga dalam memberikan motivasi dan pengawasan, keterlibatan masyarakat dalam menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, serta pendidikan berbasis teknologi inovasi untuk membangun transparansi informasi, yang saling melengkapi. Perbedaan latar belakang sosial ekonomi, kurangnya komunikasi, dan minimnya partisipasi masyarakat, dapat diatasi dengan strategi kolaboratif dan model kemitraan berbasis kebutuhan dan kearifan lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa kemitraan yang harmonis mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif, relevan, dan berkelanjutan bagi peserta didik.


Keywords


kemitraan pendidikan, sekolah, keluarga, masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Amos Neolaka & Amialia Neolaka. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kharisma Putra Utama.

Citra Listya Rini: 2018. Kemendikbud: Pendidikan Karakter Jangan Hanya di Sekolah. https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/02/18/p4cip8299-kemendikbud-pendidikan-karakter-jangan-hanya-di-sekolah.

Bernard M. Bass. 1990. “From Transactional to Transformational Leadership: Learning Share Vision. ”Organizational Dynamics 18, no. 3 (1990).

Dale Karnegi dan Iswahyudi. 2019. Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. di SMA Negeri 5

Prambumulih. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.

Darmadi, Hamid. 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage: www.an1mage.org.

Faturrohman, N. 2017. Orientasi dan Strategi Pendidikandalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan.Volume 1. No.1 ISSN: 2548-8171 Diterbitkan oleh:

Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang.

Global Education Monitoring Report. 2016. Conceptions and realities of lifelong learning. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat-Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. 2015. Petunjuk Teknis Penguatan Kemitraan Keluarga, Satuan Pendidikan, dan Masyarakat di PAUD.

Martawijaya M. Agus. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal: untuk meningkatkan karakter dan ketuntasa belajar. Makassar: CV. Masagena.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Program Pembangunan Nasional (Propenas) Tahun 2000-2004. https://peraturan.bpk.go.id/Details/44992/uu-no-25-tahun-2000

Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan DIKMAS) Jawa Barat Tahun 2016. Bandung: Yayasan Kerlip.

Ranoptri Deni. 2018. Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian: Keluarga Merupakan Pendidik yang Pertama. https://gurusd.web.id/

Reflianto dan Syamsuar. 2018. Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. Volume 6 No. 2 Tahun 2018. ISSN: 2541-5948. DOI: 10.24036/et.v2i2.101343

Roni Harsoyo. 2022. Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management Vol. 3 No. 2 (2022), pp 247-262http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem. DOI:https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112

Roskina Mas, Sitti. 2011. Partisipasi Masyarakat dan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal el-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Vol. III, No. 2; 01-2011.

Rukiyati dan L. Andriani Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan Pendidikan (Draft Buku). Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadulloh, Uyoh. 2014. Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saifuddin. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepulish Group CV Budi Utama

Sudrajat Akhmad. 2013. Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership). Artikel Pendidikan: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/05/02/kepemim pinan-guru-teacher-leadership-2/

Suhartono Wiryopranoto, dkk. 2017. Ki Hajar Dewantara “Pemikiran dan Perjuangannya”. Museum Kebangkitan Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, M. Agus Martawijaya. 2015. Pendidikan Sain Berbasis Budaya Mandar. Makassar: Pustaka Lontara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.11.3.%25p.2025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id