Analisis Faktor Sosial, Budaya, dan Ekonomi dalam Kesenjangan Gender
Abstract
Diskriminasi terhadap perempuan masih menjadi masalah dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya terkait akses terhadap pekerjaan dan pengembangan karir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor sosial, budaya, dan ekonomi yang memengaruhi kesenjangan gender di Kelurahan Heledulaa Utara, Kota Timur, Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan penyebaran kuesioner kepada masyarakat, khususnya perempuan dan tokoh masyarakat laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan di wilayah ini memiliki akses yang relatif setara dengan laki-laki dalam pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi sosial, namun masih terdapat hambatan kultural seperti stereotip dan dominasi laki-laki dalam pengambilan keputusan rumah tangga. Penelitian ini menunjukkan pentingnya penguatan kesadaran dan perlindungan hak-hak perempuan guna mencapai kesetaraan gender yang berkeadilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjellika, E., & Lestarika, D. P. (2023). Analisis Mendalam tentang Kesenjangan Gender di Indonesia: Perspektif Teori dan Kebijakan.
Jurnal Kajian Hukum dan Kebijakan Publik, 1(1). https://jurnal.kopusindo.com
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender 2023. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. (2024). Indeks Ketimpangan Gender (IKG) Provinsi Gorontalo Tahun 2023. https://gorontalo.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/1068/indeks-ketimpangan-gender--ikg--provinsi-gorontalo-tahun-2023-sebesar-0-391--turun-0-020-poin-dibandingkan-2022.html
Brigham, E. F., & Ehrhardt, M. C. (2020). Gender equality and economic productivity: The role of investment in human capital.
Journal of Economic Education and Development, 40(2), 125–140.
BPS. (2023). Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik..
Chancel, L., Piketty, T., Saez, E., & Zucman, G. (2022). World Inequality Report 2022.
Dangi, F., Ibrahim, M., & Novriansyah, M. A. (2025). Pengaruh Kesetaraan Gender Terhadap Pendapatan Perkapita di Kabupaten Gorontalo Tahun 2014–2023. Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi, 5(2). https://journalcenter.org
Fardani, M., Putri, A., Ignasha, N., Farliana, N., & Chairunisa, N. A. (2025). Pengaruh Gender Terhadap Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pada Provinsi di Indonesia Tahun 2023. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 22(1), 25–33. https://journal.uny.ac.id
Faizal, A. A., Afrizal, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Ganda Perempuan dalam Penguatan Ekonomi Keluarga di Pojok UMKM Kecamatan Ciledug. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2). https://jurnal.stkipbima.ac.id
Gill, R., & Scharff, C. (2013). New femininities: Postfeminism, neoliberalism and subjectivity. Springer.
Kabeer, N. (2020). Gender Equality and Women’s Empowerment: A Critical Analysis of the Third Millennium Development Goal. Gender & Development, 28(1), 11–21.
Kabeer, Naila. (2020). Gender, Labour Markets and Women’s Empowerment. Feminist Economics, 26(2), 1–26.
Handbook on Diversity and Inclusion Indices: A Research Compendium, 150.
Rachmawati, F. M. (2018). Analisis Wacana Tentang Diskriminasi Gender Dalam Film “Wadjda.” Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif
Sharma, R. R., Chawla, S., & Karam, C. M. (2021). 10. Global Gender Gap Index: World Economic Forum perspective. Handbook on Diversity and Inclusion Indices: A Research Compendium, 150.
Utami, R. (2023). Peran Perempuan dalam Ekonomi Keluarga di Pedesaan Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Gender Indonesia, 5(1), 45–58.
Utami, A. P. (2023). Peran Nilai Budaya dalam Mempengaruhi Akses Pendidikan Perempuan di Indonesia. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 17(1), 34–47.
UN Women. (2023). Progress on the Sustainable Development Goals: The Gender Snapshot 2023. [https://www.unwomen.org](https://www.unwomen.org)
World Bank. (2022). Gender Equality and Development. Washington, DC: The World Bank.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.11.3.%25p.2025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id