Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Di SMK Negeri 1 Airmadidi

Deifi Greis Matindas

Abstract


Dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning prestasi belajar siswa Kelas XI TKJ-1 SMK Negeri 1 Airmadidi Tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi pokok Logika menjadi lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata ulangan harian yang semula sebelum diadakan penelitian 43,5 dengan ketuntasan 43 % . pada siklus 1 = 69,25 dengan ketuntasan 69 % dan pada siklus 2 = 74,0 dengan ketuntasan 74 %.

Keywords


Model pembelajaran Problem-Based Learning; Motivasi prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1982. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara

Dini R. 2005. Pengantar Dasar Matematika. Diktat Program Studi Matematika STKIP PGRI Blitar.

Djuweni. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan dalam acara peningkatan Profesionalisme Guru, DIKDA Kota Blitar, SMP / SMA Kota Blitar, Maret 2005.

Dimyati, Mudjiono. 1998. Belajar Pembelajaran. Jakarta : Asdi Mahasatya.

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.275-282.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id