Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Cooperative Learning Tipe NHT Pada Materi Konduktor dan Isolator Panas Di Kelas VI Dikelas VI SDN No. 84 Kota Tengah

Asun Ahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPA tentang Konduktor dan Isolator dengan penggunaan media audio visual dengan model Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat ketuntasan klasikal meningkat pada siklus I menjadi 75% dengan rata-rata 68, kemudian peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 100% dengan rata-rata 82.

Keywords


Media Audio Visual, Numbered Heads Together, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andayani, dkk. (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Nur Herrhyanto dan Akib Hamid. (2004). Statistik Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Prayitno, Eman Anti. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Proyek.

Suparno dan Muhammad Yunus. (2003). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Tabrani Rusyan, Atang Kusdinar & Zainal Arifin, 1992, Pendekatan dalam Proses Mengajar, Bandung: Remaja Karya.

Wardani, I.G.K., Siti Julaeha dan Ngadi Marsinah. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.K., Kuswoyo Wihardit, dan Noehi Nasoetion, (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.225-232.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id