Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Febriati Simin, Yusuf Jafar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah “Apakah melalui pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan menceritakan isi bacaan pada siswa kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi bacaan melalui pendekatan komunikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes perbuatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 siswa kelas IV SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo berdasarkan hasil observasi awal terdapat 5 orang siswa (36%) yang mampu menceritakan isi bacaan dengan baik, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 9 orang (64%). Pada tindakan siklus I tahap I terdapat 6 orang siswa (43%) yang mampu dan yang belum mampu 8 orang siswa (57%). Siklus I tahap II terdapat 9 orang siswa (64%) yang mampu dan yang belum mampu 5 orang siswa (36%). Pada tindakan siklus II, siswa yang mampu berjumlah 12 orang (86%) sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 2 orang (14%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan komunikatif telah meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi bacaan di Kelas IV SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.

Keywords


Menceritakan Isi Bacaan, Pendekatan Komunikatif

Full Text:

PDF

References


Dhieni Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Nurgiyantoro Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. BPFE. Yogyakarta

Sani Ridwan Abdullah, 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Subyantoro, 2013. Pembelajaran Bercerita: Model Bercerita Untuk Meningkatkan Kepekaan Emosi Dalam Berapresiasi Sastra. Ombak. Yogyakarta

Syakur Nazri. 2009. Kognitivisme Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa. Insan Madani. Yogyakarta

Tampubolon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Erlangga. Jakarta

Uno Hamzah B. 2010. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta

Khasanah Uswatun. 2016. Penerapan Modalitas Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Milman Yusdi. 2010. Pengertian Kemampuan. http://milmanyusdi.blogspot.co.id/2011/07/pengertiankemampuan.html. (Diakses 12 November 2016, 09:00)

Muttaqin Firdaus. 2013. Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Pendekatan Savi Berbantuan Boneka Tangan Pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar 01 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang. Htt://Lib.unnes.ac.id/19777/1/1401409011.Pdf. (Diakses 11 Maret 2017, 10:00)

Ningsih Suwarti. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal. File:///c:/Docume-1/Admini-1/Locals-1/Temp/3990-12749-1-PB.Pdf. (Diakses 15 Desember 2016, 19:00)

Widasari Rahayu Hardini. 2012. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Negeri Sekecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Http://eprints.uny.ac.id/7805/3/bab2-08108244047.Pdf. (Diakses 11 Maret 2017, 10:00)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.209-216.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id