Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar

Santje Kaunang

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Airmadidi yang terbagi menjadi dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Penerapan model pembelajaran inkuiri melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Airmadidi. Aspek motivasi meliputi perhatian, keterkaitan, keyakinan/kepercayaan diri, dan kepuasan mengalami peningkatan antara 3,54% hingga 11,41%. Sedangkan peningkatan tertinggi dari aspek keyakinan/ kepercayaan diri siswa yaitu sebesar 11,41%.
Penerapan model pembelajaran inkuiri melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Airmadidi yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Siswa mengalami peningkatan pada ranah kognitif sebesar 10,27% yaitu dari 78,57% menjadi 89,29%. Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan antara 7,89% hingga 10,53%. Peningkatan yang paling tinggi yaitu pada aspek kognisi atau keyakinan siswa sebesar 10,53%. Sedangkan peningkatan ranah psikomotor antara 27,27% hingga 40,91%. Peningkatan tertinggi diperoleh dari aspek kerelevanan dalam keterampilan menjelaskan yaitu sebesar 40,91%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 34,09%. Pada ranah psikomotor yang diukur melalui kegiatan presentasi dan diskusi ini menunjukkan keterampilan pada hierarkhis yang paling tinggi tingkat naturalisasi, siswa melakukan gerakan tertentu secara spontan atau otomatis dalam mengajukan pertanyaan, menanggapi pertanyaan dan menjelaskan.


Keywords


Motivasi dan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan; model pembelajaran Inquiri; Pendekatan Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Ella Yulaelawati. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya E. Mulyasa.

Eko P. Widiyoko2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar

HB. Sutopo.2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press

Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga

Lexy J. Maleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya Lee, V

Miles & Huberman. 1992. Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

M. Nasir. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia

Nana Sudjana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

Nasution. 1998. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bina Aksara

Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.69-78.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id