Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Melalui Metode Bermain Peran

Ratna Ibrahim

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Duhiadaa. Rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 07 Duhiadaa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 07 Duhiadaa yang berjumlah 23 orang. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase kentuntasan klasikal sebesar 56,52%, persentase daya serap klasikal 62,39%. Pada siklus II hasil tes tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,30%, persentase daya serap klasikal sebesar 80,21%. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Duhiadaa

Keywords


Hasil Belajar; Metode Bermain Peran

Full Text:

PDF

References


Dahlan. (1984). Metode Bernain Peran. Jakarta : Gramedia

Depdikbud. (1964). Tujuan Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Dikdasmen

Depdiknas. (2004). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

Hamalik, Oemar. (2001). Hasil Belajar. Jakarta: Gramedia.

Hasan. (1996). Proses Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mulyasa. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Rineka Cipta

Purwanto, M.N. (1998). Metodologi Pengajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Rosda Jayaputra.

Shaftel. (1967). Tahap – tahap Bermain Peran. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemantri. (1967). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.61-68.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id