Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Berdasarkan Cerpen Yang Dibaca Melalui Strategi Strata

Salman Suratinoyo

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca dengan menggunakan strategi Strata. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Gorontalo dengan mengambil subjek penelitian pada peserta didik di kelas IX-1 yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan peserta didik, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Strata dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca. Jika pada hasil tes awal kemampuan peserta didik rata-rata hanya 37,61% dari 31 orang peserta didik. Setelah diterapkan strategi Strata pada siklus I kemampuan rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 53,74%. Beberapa kekurangan pada siklus I diperbaiki pada siklus II sehingga kemampuan rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 95,67%.

Keywords


kemampuan; menulis naskah drama; cerpen

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Suatu Keterampilan dalam Berbahasa). Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman. 2006. Drama: Naskah Pementasan dan Pengajarannya. Surakarta: UNS Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.51-60.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id