Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas II SDN 01 Duhiadaa

Sumarni N Ahudulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II SDN 01 Duhiadaa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart (Suharsimi Arikunto, 2010: 132). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 01 Duhiadaa dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan setelah menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SDN 01 Duhiadaa Peningkatan kemampuan berhitung ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata - rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 63,63% dan siklus II sebesar 86,36% mencapai KKM. Sedangkan nilai rata - rata pada siklus I 67,72 dan siklus II 80,45 pada rentang skor antara 0 sampai 100. Hal ini dapat memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran Matematika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli siswa kelas II SDN 01 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato

Keywords


Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli, Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman (2010). Media Pedndidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnnya. Jakarta: Rajawali Pres.

Basuki Wibawa. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh -Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyono Abdurrahman. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.45-50.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id