Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Delizza Pizza Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris; apakah strategi promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Delizza Pizza Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif kuantitatif, serta menggunakan analisi regresi linear sederhana untuk menjawab masalah penelitian. Populasi dalam penelitian adalah konsumen Delizza Pizza Kota gorontalo. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan purposive sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dari populasi sejumlah 68 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Ý = 3,678 + 0,456X yang berarti bahwa setiap variabel strategi promosi meningkat satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,456 atau dengan kata lain setiap peningkatan keputusan pembelian (Y) dibutuhkan peningkatan variabel strategi promosi sebesar 0,456. Dalam hal ini terdapat pengaruh antara variabel strategi promosi terhadap keputusan pembelian Delizza Pizza Kota Gorontalo sebesar 0,605 atau 60,5% sementara sisanya 0,395 atau 39,5% di pengaruhi oleh sebab-sebab lain diluar dari penelitian ini seperti citra merek, lokasi usaha, harga, produk, dan lain-lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada
Ghozali, iman (2001). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Tjiptono, Fandy, 2001. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta, Andi
Kotler dan Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua belas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip, AB, Susanto, 2002. Manajemen Pemasaran. Buku 2: Salemba Empat
Yusdia Pusparini dan yessy Artanti, 2011. Pengaruh faktor-faktor Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pop Mie di Supermarket Giant Wiyung. Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume tiga
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.17-26.2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id