Pemaknaan Peserta Didik Tentang Kecerdasan Spiritual

Salim Korompot, Sultan M Tarmizi Korompot

Abstract


Salah satu diantara beberapa kompetensi yang dikembangkan dalam kehidupan peserta didik adalah kecerdasan spiritual. Penelitian untuk mendeskripsikan pemakanan peserta didik tentang kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif, pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kurang baik dalam memakanakan kecerdasan spiritual dalam kehidupan sehari-hari, meliputi pemaknaan bersifat fleksibel, memaknakan  memiliki kesadaran (self-awareness) yang tinggi, pemaknaan kemampuan untuk menghadapi penderitaan dan mengambil hikmah darinya, pemaknaan kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi rasa sakit, pemaknaan memiliki kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai, pemaknaan enggan melakukan sesuatu yang menyebabkan kerugian atau kerusakan, pemaknaan cenderung melihat hubungan antar berbagai hal  berbeda menjadi  suatu yang holistik, pemaknaan cenderung untuk bertanya “mengapa” atau “apa” dan mencari jawaban-jawaban yang fundamental, dan pemaknaan bertanggungjawab untuk menebarkan visi dan nilai-nilai kepada orang lain dan menunjukkan cara menggunakan. Guna mengoptimalkan pemaknaan peserta didik dalam kecerdasan spiritual, dapat dilakukan melalui pendekatan bimbingan dan konseling, serta mengatur dalam bentuk manajemen peserta didik berbasis kecerdasan spiritual.

Keywords


pemaknaan, peserta didik, kecerdasan spiritual

Full Text:

PDF

References


Akhirin. 2013. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Melalui Rukun Iman dan Rukun Islam. Jurnal Tarbawi Vol.10, No.2, Juli-Desember 2013.

Al Haddar, Gamar. 2016. Upaya Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMP Yapan Indonesia, Depok. Jurnal Pendas Mahakam, Vol. 1 (1), 42-53. Juni 2016

Amir, Yulmaida & Diah Rini Lesmawati. 2016. Religiusitas dan Spiritualitas: Konsep Yang Sama Atau Berbeda? Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris Vol. 2., No. 2., 2016. Hal. 67-73.

Annas, Annisa Nuraisyah. 2017. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5, Nomor 2 : Agustus 2017.

Baharuddin. H & Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Ar-Ruzz Media.

Basuki, Kasih Haryo. 2015. Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2): 120-133, 2015.

Chin, Susan Tee Suan, R.N. Anantharaman & David Yoon Kin Tong. 2011. The Roles of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence at the Workplace. Journal of Human Resources Management Research. Vol. 2011 (2011).

El Fiah, Rifda. 2014. Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal). Volume: 01 (2); 2014; 85-92

Hagar. 2019. Pentingnya Kecerdasan Spiritual. dapat diakses di https://www.youngontop.com/read/19100/pentingnya-kecerdasan-spiritual/

Hera, Dea. 2017. Kecerdasan Spiritual Berpengaruh pada Kualitas Peserta Didik. Dapat diakses di www.kompas.com

Howard, Barbara B., Precious Guramatunhu-Mudiwa, & Stephen R. White. 2009. Spiritual Intelligence and Transformational Leadership: A New Theoretical Framework. Journal of Curriculum and Instruction (JoCI), November 2009, Volume 3, Number 2,

Imaduddin, Aam. 2017. Spiritualitas dalam Konteks Konseling.Journal Of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research Vol.1, No.1, Januari 2017

Nisa, Khairun 2009. Hidden Curriculum; Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol.12 No.1 Juni 2009.72-86

Rahman, Zanariah Abdul & Shah, Ishak Md. 2015. Measuring Islamic Spiritual Intelligence. International Accounting and Business Conference 2015, IABC 2015. Procedia Economics and Finance 31 ( 2015 ) 134 – 139.www.elsevier.com

Rahmawati, Ulfa. 2016. Pengembangan Kecerdasan Spiritual santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Februari 2016

Rampisela, Deisa Iriani., Sefti Rompas & Reginus Malara. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Katolik St. Fransiskus Pineleng. e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 1, Februari 2017

Yusuf, Syamsu L.N & Nurihsan, Juntika. 2013. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.159-168.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id