Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito Tomilito Gorontalo Utara

Ahmad Bilantua, Meyko Panigoro, Agil Bahsoan

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner pada siswa SMP Negeri 1 Tomilito. Jumlah Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 45 responden. Teknik analisis data menggunanakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap peningkatan Hasil Belajar Siswa yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang cukup kuat ditunjukkan oleh besar nilai koefisien korelasi (R) 0,310. Nilai Determinasi (R Square) sebesar 0.096 atau 9,6%. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap peningkatan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Tomilito, diterima dipenelitian ini.

Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi; Hasil Belajar Siswa;

Full Text:

PDF

References


Adila & Mawardi. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1–24.

Basir, R. M., Muhaqqiqoh, S. , S., & Pandiangan, B. P. A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Strategi Mencapai Tujuan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(2), 132–138. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi

Belakang, A. L. (2021). Eka Notasya Simanullang. 1–59. Farida, Y., Alam, H. V., Hafid, R., Umar, Z. A., & Pakaya, A. (2023). APPLICATION OF DIFFERENTIATED LEARNING STRATEGIES TO THE LEARNING OUTCOMES OF PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN YENDIDORI DISTRICT, PAPUA PROVINCE.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 6(2), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Gaspersz, M., Aw, S., & Gaspersz, N. (2023). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika) | Mei 2023 | Volume 5 Nomor 1 | Hal. 5, 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss1year2023page1-7

Gumohung, A. M., Moonti, U., & Bahsoan, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.37479/jeej.v3i1.8312

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Khotimah, K., & . D. (2019). Pengaruh Efektivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 5 Panji Situbondo Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 31–37. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.5

Lafau, B., Sitorus, P., & Sitinjak, E. K. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan …, 13(2), 179–189. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/2717%0Ahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/download/2717/1322

Laia, I. S. A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.7242959.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Lupita, L., & Hidajat, F. A. (2022). Desain Differentiated Instruction Pada Materi Statistika untuk Peserta Didik SMP: Alternatif Pembelajaran bagi Siswa Berbakat. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 388–400. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.194

Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36. http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB II.pdf

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Padang: Afifa Utama.

Meliyana, A., Arham, A., Panigoro, M., Hafid, R., Hasiru, R., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 26–33. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.17904

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, H. B. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.

Nurhamami, S. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Adaptasi Makhluk Hidup Kelas VI Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal on Education, 05(01), 980–989.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Ricardo, & Meilani R I. (2017). The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes. Jurnal Pendidikan Ekonomi Perkantoran, 1(1), 79–92. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Sakum, N. S., Panigoro, M., Sudirman, S., Ilato, R., & Maruwae, A. (2023). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Abdulrahim Maruwae1 Ilato , R ,. 1(1), 133–144. Sari, A. P. K., & Mawardi, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4681-4704. Simanullang, E., N. (2022) "Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Oleh."

SITORUS, P., SURBAKTI, M., & GULO, P. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pesertaa Didik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 127. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43024

Sitorus, P., Tumanggor, R. M., Sigiro, M., Simanullang, E. N., & Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Manduamas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2883–2890. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.768

Sri Yanti, N., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 252–256. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498

Suardi, (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta;CV Budi Utama. Hal 9.

Sugiyono, (2021). Statistika Untuk Penelitian. Bandung; Alfabeta. Hal 61-62. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Tindakan). Bandung. Alfabeta, CV

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114 TUMANGGOR, R. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MANDUAMAS

Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah …. Jurnal Holistika, September 2018, 111–126. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/5362/3584.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.427-448.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id