Pengembangan Media Literasi Berbasis Puzzle Edukatif Untuk Meningkatkan Minat Membaca di SDN 043 Tarakan

Rita Kumala Sari, Hasnawati Hasnawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media literasi berbasis puzzle edukatif untuk meningkatkan minat membaca di SDN 043 Tarakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengembangkan media literasi puzzel edukatif di SDN 043 Tarakan, 2) menghasilkan produk berupa pullzel edukatif yang akan digunakan sebagai media pembelajaran literasi di SDN 043 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R & D milik Borg & Gall. Berdasarkan metode tersebut, dalam penelitian ini terdapat tujuh tahapan prosedur pengembangan yang telah dimodifikasi yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba tahap awal, (5) revisi produk awal, (6) uji lapangan dan (7) revisi produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli media pembelajaran (2) ahli bahasa, (3) Ahli literasi , (4) uji praktisi melibatkan guru yang aktif dalam bidang literasi di SDN 043 Tarakan, dan (5) uji lapangan melibatkan siswa kelas 6 SDN 043 Tarakan. Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, praktisi, dan mahasiswa terhadap produk. Data verbal tertulis berupa catatan, komentar, kritik, maupun saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan keempat kelompok ahli dalam bidang yang diujikan. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpul data.


Keywords


Media literasi; Puzzle Edukatif; Minat Membaca

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Kedua; Yanita Nur Indah Sari, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Aftika, Siti Nur (2020). Penerapan Media Puzzle untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Ragunan 012. Skripsi. Jakarta:UIN Syarif hidayatulloh.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Depdiknas. 2007. Modul Pembuatan dan Penggunaan APE Anak Usia 3-6 Tahun. Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi.

Prosiding Seminar nasional Bulan Bahasa UNIB”, 146-156.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta : Kencana Prenadamedia Groub.

Rahmanelli. (2007). Efektifitas Pemberian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional, Jurnal Pelangi Pendidikan.Volume .2.1

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saryono, D., Ibrahim, G. A. I., Muliastuti, L., Akbari, Q. S. A., Hanifah, N., Miftahussururi;, … Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca- Tulis. In Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Soebachman, Agustina . (2012). Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta.

IN Azna Books.

Silalahi, Dumaris E, dkk. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Padang Sumatra Utara. PT Global Eksekutif Teknologi.

Shihab, Najella, & Komunitas Guru Belajar 2019. Literasi Mengerakan Negeri.Tanggerang. Literati.

Sri Utari Subyakto, Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta: Depdikbud,1988, 145 Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Book.

Syaodih. Nana Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugioyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Setyosari Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tampubolon, Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien, Bandung: Angkasa, 1999, 210-211 12




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.427-438.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id