Implementasi TV Sekolah Sebagai Media Mengembangkan Aktualisasi Diri di TKIT Syeikh Abdurrauf

Dina Fajriah, Rita Amaliani, Salmiani Salmiani, Eti Gustini, Sri Watini

Abstract


Penelitian ini membahas pemanfaatan TVSekolah sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Syeikh Abdurrauf. TVSekolah merupakan alternatif media pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan kegiatan pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak penggunaan TVSekolah terhadap perkembangan anak usia dini, khususnya dalam meningkatkan aktualisasi diri, hal itu tercermin ketika anak mengeluarkan segala potensi yang ada pada dirinya tanpa rasa takut dan malu, sehingga meningkatnya rasa percaya diri anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan pada bulan Oktober-Desember tahun 2023. Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan TVSekolah di TKIT Syeikh Abdurrauf telah berhasil meningkatkan aktualisasi diri anak-anak.

Keywords


TV Sekolah; Aktualisasi Diri; TKIT

Full Text:

PDF

References


Adhani, A. K., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok A melalui Media Sentra Bahan Alam di TK Indonesia Playschool. … Dan Konseling …, 4, 1707–1715. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7480

Aini, A. N., Setiadi, A. C., Mahdavika, A., & Nabilah, S. U. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Dalam Kajian Studi Sosial. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 41–48. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.41-48

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520

Anshoriyah, S., & Watini, S. (2022). (Print) Implementasi Media TV Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Amal Shaleh Jember. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 135–144.

Chusnul Chotimah, E. H. A. (2023). Hubungan Antara Aktualisasi Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Komunitas Teater. 9, 199–208. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.12141

Hariyanto, F. (2018). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Menonton Acara Televisi. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(2), 179–186. https://doi.org/10.35706/jpi.v3i2.1665

Irfan, A. M., Asfar, T., Iqbal, A. M., & Asfar, A. (2019). Hakikat, Arti dan Krisis Pendidikan: Perspektif Proses Pendidikan. Jurnal Program Doktoral Ilmu Pendidikan UNM, 1(February), 1–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36342.45126/1

Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 813–816. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.486

Khairiah, F., & Dkk. (2023). Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Untuk Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 77–83. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6628

Kurniawan, & Dkk. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p31-37

Mardhiati, A., & Mansyur, U. (2018). Teknik Total Physical Respons Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu. https://doi.org/10.31227/osf.io/8czqb

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Nurmaniah & Damayanti, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Demonstrasi di PAUD Binika Desa Sukaramai-Langkat. JUrnal Diversita, 4(1), 52–57. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1601

Puspitasari, V. I., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan Channel Tv Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2642

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Suriana. (2002). Peran Orang Tua Dalammenyesuaikan Siaran Televisi Dengan Karakteristik Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(6), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3349

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Watini, S. (2023). Pengembangan Model Kelas Virtual TV Sekolah dalam Merefleksikan Konsep Merdeka Belajar pada Jenjang PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4975–4984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5019

Watini, S., & Bernarte, R. (2021). the Low Competency of Early Childhood Education Teachers Influences Professional Duties. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 5(3), 221–227. https://doi.org/10.33751/jhss.v5i3.3984

Yulianah, N., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi yang Efektif di RA Senyum Muslim. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1841-1848.2022




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.367-378.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id