Sarana dan Prasarana Sekolah Inklusi “Kunci Sukses Pendidikan Inklusi"

Rita Amaliani, Septiyani Endang Yunitasari, Dina Fajriah, Salmiani Salmiani, Eti Gustini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas Pendidikan inklusi dengan memahamu, mengidentifikasi, dan mengatasi masalah-masalah sarana dan prasarana yang dihadapi. Beberapa tujuan penelitian yang dapat diusulkan, salah satunya mengevaluasi Aksebilitas fisik, seperti menilai ketersediaan dan kelayakan fasilitas fisik di sekolah inklusi untuk memastikan aksesibilitas yang maksimal bagi semua siswa. Meningkatkan sumber daya seperti buku teks alternatif, peralatan bantu dan bahan ajar yang mendukung inklusi. Pelatihan dan pengembangan guru, menawarkan program pelatihan yang khusus untuk guru dan tenaga pendidik dalam menghadapi kebutuhan beragam siswa dan menerapkan metode pengajaran inklusif. Mendorong Kolaborasi, mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam kolaborasi antar guru, orang tua, dan tenaga pendukung, serta merancang strategi untuk mempromosikan kerja sama yang efektif. Dengan fokus pada tujuan-tujuan ini, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sistem Pendidikan inklusi, menciptakan lingkungan yang lebih mendukung bagi siswa berkebutuhan khusus, dan mengidentifikasi model terbaik untuk suksesnya Pendidikan inklusi di sekolah-sekolah.

Keywords


pendidikan inklusi

Full Text:

PDF

References


S. Nurfadhillah et al., “Sejarah dan Perkembangan serta Permasalahan Pendidikan Inklusi di Indonesia,” Arzusin, vol. 2, no. 5, pp. 483–491, 2022, doi: 10.58578/arzusin.v2i5.614.

Andhy Surya Hapsara, “Membangun Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Strategi Scrum di Negeri Totochan,” J. Ideguru, vol. 4, no. 1, pp. 13–21, 2019, [Online]. Available: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/issue/view/8

D. Mustika et al., “Pendidikan Inklusi: Mengubah Masa Depan Bagi Semua Anak,” Student Sci. Creat. J., vol. 1, no. 4, pp. 41–50, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1575

A. Jauhari, “Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas,” IJTIMAIYA J. Soc. Sci. Teach., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.21043/ji.v1i1.3099.

E. Murniarti and N. Z. Anastasia, “Pendidikan Inklusif Di Tingkat Sekolah Dasar,” J. Din. Pendidik., vol. 9, no. 1, p. 9, 2016, doi: 10.33541/jdp.v9i1.134.

N. A. Lafiana, H. Witono, and L. H. Affandi, “Problematika Guru Dalam Membelajarkan Anak Berkebutuhan Khusus,” J. Classr. Action …, vol. 4, no. 2, 2022, doi: 10.29303/jcar.v4i1.1686.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Sarana dan Prasarana,” no. 021, pp. 1–19, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.361-366.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id