Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Kolaborasi Metode SSCS dan Media Audio Visual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui puisi yang ditulis oleh siswa kelas X 2 Agama MA ABUDARRIN Kendal Bojonegoro, Indonesia pada pembelajaran kolaborasi metode SSCS dan media audio visual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah subjek 34 siswa. Dari 34 siswa selanjutnya peneliti mengambil 5 siswa untuk diwawancarai dengan alasan mereka memiliki kemampuan menulis puisi yang baik sesuai indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis dengan dimulai dari 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi yang ditulis oleh siswa kelas X 2 Agama MA ABUDARRIN Kendal Bojonegoro, Indonesia sudah mengacu pada struktur puisi menurut Waluyo. Simpulan pada penelitian ini adalah metode SSCS yang berbantukan media audio visual sangat tepat diterapkan pada pembelajaran. Metode SSCS dan media audio visual dapat membuat siswa untuk berfikir kreatif serta dapat menunangkan ide-idenya kedalam bentuk puisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs) terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal cendikia, 2(2), 42-53. Retrieved from https://j-cup.org/index.php /cendekia /article / view/1
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Ariyanto, D & Nuryatin, A. (2017). Badik dalam “mata badik mata” puisi karya D. Zawawi Imron:perspektif paul ricoeur. Seloka, 6(2), 161-168. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/17281
Astuti, N. P. E. F., Suweken, G., & Waluyo, D. (2018). Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri I Banjar. Jurnal pendidikan matematika undiksha, 9(2), 84-95. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/viewFile/19901/12158
Deli, M. (2015). Penerapan model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) untuk meningkatakan motivasi belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Primary, 4 (1), 71-78. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/258300/penerapan-model-pembelajaran-search-solve-create-share-sscs-untuk-meningkatkan-m
Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis, 9(1), 1-12. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/884
Hasanudin, C. (2017). Media pembelajaran: Kajian teoritis dan kemanfaatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Hatari, N., Widiyatmoko, A., & Parmin. (2016). Keefektifan model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Unnes science education journal, 5 (2), 1253-1260. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13144
Hermawan, I. J. (2017). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual. Jurnal diksatrasia, 1(1), 39-45. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article / view/183
Hernawati, E. (2018). Meningkatkan hasil belajar fisika melalui penggunaan metode demonstrasi dan media audiovisual pada siswa kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi jurnal diklat teknis, 6(2), 118-131. Retrieved from https://pusdiklattekniskemenag.e-journal.id/andragogi/article/view/60
Hidayah, N. H., Darmuki, A., & Hasanudin, C. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunkana metode quantum learning dan media video pada siswa kelas x IPA I SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran 2018/2019. Jurnalistrendi, 4 (1), 309-320. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi/article/view/152
Hidayat, C. A., Rustono., & Bakhraeni, R. (2016). Analisis unsur intrinsik puisi tema guru karya siswa kelas V SDN 1 Nagarasari. Pedadidaktika, 3(1), 24-32. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4766
Hidayatullah, A. (2018). Tema dan gaya bahasa puisi siswa SMP: kajian struktural. Journal of language learning, 2(2), 1-11. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jollar/article/view/3475
Juhara, E., Budiman, E., & Rohayati, R. (2005). Cendikia berbahasa. Jakarta Selatan: PT setia purna inves.
Julaeha, S. (2018). Penerapan metode field trip untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi. Jurnal penelitian, 1(2), 310-323. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/download/355/326
Kibtiyah, A. M. & Abbas, N. (2014). Peningkatan keterampilan menulis piuisi bebas melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Joyful learning journal, 3(1), 61-65. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/5899
Laeli, A. N., Wagiran., & Suseno. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan metode partisipatori dengan media gambar. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 3(1), 1-7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/3989
Mamik. (2014). Metodologi kualitatif. Sidoarjo: Zifatama.
Maulana, A., Wancik, K. A., & Sofia. (2014). Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikelas XI IPA SMA. Jurnal penelitian pendidikan kimia, 1(1), 9-17. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/ index.php/jurpenkim /arti cle/view/2227
Moleong, L. J. (2015). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT remaja rosdakarya.
Nurfaedah. (2019). Keefektifan media audio visual dalam meningkatankan kompetensi siswa sekolah menengah pertama dalam menulis puisi. Indonesian journal of instructional media and model, 1(1), 26-34. Retrieved from http://journal.univetbantara. ac.id/index.php/ijimm/article /view/316
Periartawan, E., Japa. & Widiana, W. (2014). Pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di gugus XV Kalibukbuk. Journal mimbar PGSD, 2(1), 1-10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2045
Putri, W. L. & Widihastrini, F. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode mind mapping dengan media audiovisual. Joyful learning journal, 3(2), 8-16. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ index . php/jlj/article/view/5901
Rahmawati, N. T., & Sugianto. (2016). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari kesadaran metakognisi siswa pada pembelajaran SSCS berbantuan schoology. Unnes journal of mathematics education research, 5(1), 24-31. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id /sju/index .php/ujmer/article/view/12913
Rahmawati, N. T., Junaedi, I., & Kurniasih, A. W. (2013). Keefektifan model pembelajaran SSCS berbantukan kartu masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Unnes journal of mathematics education, 2(3), 66-71. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php /ujme/ article /view/3447
Retnowati, R., Suharyati, H., Manurung, R.T., Maknun, D., Armariena, D.N., Hetilaniar, H., Hasanudin, C., Murniviyanti, L., Anwar, S., Setyorini, R. (2018). The effect of environmental teaching method and the level of natural intelligence on the environmental view of the students behavior. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1): 1-7. https://doi.org/10.1088/17426596/1114/1/012104.
Rifai. (2012). Kualitatif: teori, praktek & riset penelitian kualitatif teologi. Sukoharjo: Bornwin’s publishing.
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Sulawesi selatan: Yayasan ahmar cendikia Indonesia.
Saddhono, K., Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2019). The ability to think creatively on SSCS using schoology Apps, how is the student’s language metacognitive awareness? Ingénierie des Systèmes d’Information, 24(4): 367–375. https://doi.org/10.18280/isi.240402.
Samsuddin. (2019). Buku ajar pembelajaran kritik sastra. Yogyakarta: Deepublish.
Sarastini, D. D., Rasana, R., & Sulastri, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran sscs terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD di gugus I kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD universitas pendidikan ganesha, 2(1), 1-10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view /3 068
Sitohang, K. (2018). Pengkajian puisi penerimaan chairil anwar menggunakan pendekatan stilistika. Jurnal membaca, 3(1), 45-50. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/view/3744
Sugiyono. (2015). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r & d. Bandung: Alfabeta.
Suherli., Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal pipsi, 4(1), 13-19. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/1204
Surastina. (2018). Pengantar teori sastra. Yogyakarta: Elmatera.
Syarwah, R. A., Fauziddin, M., & Hidayat, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 2(5), 936-945. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/300
Wilianti, R., Mursalim., & Arifin, S. (2018). Analisis diksi puisi wajah negeri kita karya M. Anwar M. H. Jurnal ilmu budaya, 2(3), 286-292. Retrieved from http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/1034
Wirawan, G. (2016). Analisis struktural antologi puisi hujan lolos disela jari karya yudhiswara. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 1(2), 39-44. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/89
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.201-212.2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id