Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Minangkabau Pada Proyek Alek Pacu Jawi Di PAUD Al-Fa’izin
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., Susanto, H., & Jumriani, J. (2022).
Strengthening Historical Thinking Skills Through Transcript Based Lesson Analyses Model in the Lesson of History. istoria Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 18(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v18i1.41691
Adilla Pratama, A. A. (2020). Mempertahankan Tradisi Pacu Jawi: Etnografi tentang pengetahuan dan praktek memelihara sapi Pacuan di Nagari III Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Aceh Anthropological Journal.
Af, A. S. (2018). Model-Model pembelajaran karakter berbasis budaya lokal.
Jurnal Subulana, 1(2), 53–70. https://doi.org/10.47731/subulana.v1i2.14
Afrianingsih, A., Sa’adah, I., Astuti, I. P., Salsabillah, A. P., Junaidi, M. H., Farida, N.Hidayah, F. N., & Musdalifah, A. (2021). Kegiatan Pembelajaran TK Bumi Ukir Berbasis Kearifan Lokal Budaya di Jepara. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 8(1), 62–68. https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13771
Arifin, J., & Susanto, H. (2018). The Internalization of Multiculturalism Values Through literature learning. Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences Education - “Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment” (ICSSE 2017). http://dx.doi.org/10.2991/icsse-17.2018.38
Istiqamah. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui nilai-nilai kearifan budaya lokal. Center for Open Science. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/zdk3w
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019a). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755
Mengmeng, Z., Xiantong, Y., & Xinghua, W. (2019). Construction of STEAM curriculum model and case design in kindergarten. American Journal of Educational Research, 7(7), 485–490. https://doi.org/10.12691/education-7-7-8
Muzakki, M., & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 39. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842
Naeyc. (2021). Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8, fourth edition (fully revised and updated).
Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi pembelajaran berbasis STEAM dengan bermain loose parts untuk pencapaian keterampilan pada anak usia 4-5 tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387
Rezaldi, M. R. (2022). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik di Era Pembelajaran Abad 21. Center for Open Science. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/jz6r9
Samani, M. (2012). Rekonstruksi pendidikan: Kumpulan pemikiran tentang perlunya merekonstruksi pendidikan di Indonesia
Suzanti, P. (2014). Daya Tarik Pacu Jawi sebagai atraksi wisata budaya di kabupaten tanah datar. Jurnal Nasional Pariwisata.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.327-334.2024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id