Efektivitas Model Pogil Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Measured Reasons and the Californias Acedemic Press.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (1990). How to design and evaluate research in education. ERIC.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. USA.
Hanson, D. M. (2005). Designing process-oriented guided-inquiry activities. Pacific Crest, 1-6.
Hanson, D. M. (2006). Instructor's guide to process-oriented guided-inquiry learning. Pacific Crest Lisle, IL.
Hendriani, W., & Septarini, B. G. (2016). Pengembangan tes berpikir kritis dengan pendekatan item response theory. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 45-55.
Malik, A., Oktaviani, V., Handayani, W., & Chusni, M. M. (2017). Penerapan model process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 127-136.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.
Noer, S. H. (2010). Evaluasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA. Jurusan P. MIPA. Unila.
Nurdiansyah, R., Turmudi, T., & Jupri, A. (2017). Analysis of Standard Process Implementation on Micro Teaching of Mathematics Education Students. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 277-286.
Pohan, L. R., & Dur, S. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 258-263.
Prihatami, E. (2020). POGIL Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis? AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(2), 15-26.
Qomario, dkk. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students' high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research Vol 5 (1) pp 66- 73. DOI: 10.33122/ijtmer.v5i1.106.
Rachmawati, D., & Rohaeti, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 29-39.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Tohir, A., & Mashari, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.267-276.2024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id