Efektivitas Model Pogil Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Measured Reasons and the Californias Acedemic Press.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (1990). How to design and evaluate research in education. ERIC.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. USA.
Hanson, D. M. (2005). Designing process-oriented guided-inquiry activities. Pacific Crest, 1–6.
Hanson, D. M. (2006). Instructor’s guide to process-oriented guided-inquiry learning. Pacific Crest Lisle, IL.
Hendriani, W., & Septarini, B. G. (2016). Pengembangan tes berpikir kritis dengan pendekatan item response theory. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 45–55.
Malik, A., Oktaviani, V., Handayani, W., & Chusni, M. M. (2017). Penerapan model process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 127–136.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.
Noer, S. H. (2010). Evaluasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA. Jurusan P. MIPA. Unila.
Nurdiansyah, R., Turmudi, T., & Jupri, A. (2017). Analysis of Standard Process Implementation on Micro Teaching of Mathematics Education Students. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 277–286.
Pohan, L. R., & Dur, S. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 258–263.
Prihatami, E. (2020). POGIL Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis? AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(2), 15–26.
Qomario, dkk. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research Vol 5 (1) pp 66- 73. DOI: 10.33122/ijtmer.v5i1.106.
Rachmawati, D., & Rohaeti, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 29–39.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Tohir, A., & Mashari, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.267-276.2024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id