Marugoto dan Irodori Dalam Pengajaran Bahasa Jepang Tingkat A2

Herlina Sunarti, Bertha Nursari, Zainur Fitri

Abstract


Marugoto adalah buku pelajaran yang dirancang untuk pembelajaran secara aktif dan dinamis dengan mencakup sejumlah besar informasi tentang budaya Jepang. Buku ini disusun untuk pihak yang belajar bahasa Jepang di luar Jepang, dan dirancang agar pemelajar dapat merasakan budaya Jepang sambil belajar bahasa Jepang. Irodori adalah buku teks yang dirancang untuk khalayak internasional dan mempelajari keterampilan komunikasi dasar bahasa Jepang yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari dan bekerja di Jepang. Buku Marugoto dan Irodori disusun berdasarkan JF Standard sesuai dengan pola pikir CEFR (Common European Framework Reference for Languange: Learning, Teaching, Assessment). Penelitian ini membahas tentang perbandingan materi ajar dari Marugoto dan Irodori Tingkat Dasar 1 A2, dengan fokus pada topik yang sama, berjudul “Kisetsu to Tenki”. Hasil penelitian menunjukkan walaupun isi materi ajar memiliki kesamaan, tetapi baik Marugoto dan Irodori memiliki kekhasan dan tampilan urutan pengajaran yang berbeda.

Keywords


Marugoto; Irodori; A2; materi ajar; bahasa Jepang

Full Text:

PDF

References


Dirgandini, M. (2019). Penggunaan Buku Ajar Marugoto A1 pada Pengajaran Kaiwa 1 Prodi Jepang Universitas Kristen Maranatha. Jurnal Sastra-Studi Ilmiah Sastra, 9(2), 45-59. Japan Foundation, 2017. Marugoto: Bahasa dan Kebudayaan Jepang tingkat dasar 1 (A2) Aktivitas. Jakarta: Kesaint Blanc. Japan Foundation, 2017. Marugoto: Bahasa dan Kebudayaan Jepang tingkat dasar 1 (A2) Pemahaman. Jakarta: Kesaint Blanc Japan Foundation, 2020. Irodori: Bahasa Jepang untuk kehidupan di Jepang tingkat dasar 1 (A2) . diunduh https://sites.google.com/view/jf-irodori/halaman-muka Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187. Prastowo, A. (2019). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Riani, R. W., Handayani, U., & Santoso, T. (2022). Anaysis of Marugoto Teaching Materials in Japanese Language and Culture: A1 Activities for Beginners. Philosophica: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 5(1), 20-30.

Stepanova, Z., & Parnikova, G. (2022). Modern approaches to teaching Japanese at a language university. In SHS Web of Conferences (Vol. 134, p. 00101). EDP Sciences.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.215-228.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id