Pengaruh Disiplin Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang

Anja Natalia Putri, Yasir Arafat, Hery Setiyo N, Wiwik Ariesta

Abstract


Dalam upaya membentuk sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia pendidikan, khususnya pendidikan menengah, disiplin kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh disiplin kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian secara sistematis. Hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 5,484 > dari harga t tabel sebesar 1,654 dimana harga t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho1 ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja guru terhadap kinerja guru SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. Hasil uji statistik menunjukkan nilai R atau nilai koefisien korelasi adalah 0,770 sehingga dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel ada di kategori kuat. Nilai R Square atau koefisien determinasi diperoleh 64,1% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel disiplin kerja guru memiliki pengaruh sebesar 64,1% terhadap kinerja guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat koefisien korelasi yang kuat antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru. Sedangkan pada uji regresi sederhana kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang diperoleh nilai t hitung sebesar 2,867 ≥ harga t tabel sebesar 1,654 dimana harga t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho2 ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. Hasil uji statistik menunjukkan nilai R atau nilai koefisien korelasi adalah 0,871 yang menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel berada pada kategori kuat. Nilai R Square atau koefisien determinasi adalah 70,3% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh sebesar 70,3% sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi serta pengaruh yang kuat antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hasil uji anova diperoleh F hitung sebesar 28,874 dengan tingkat signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α 0,05, dengan F tabel sesuai dengan taraf signifikansi 0,05 (2,78) sebesar 3,05 dan F hitung > F tabel (28,874> 3,05) sehingga Ho3 di tolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara disiplin kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. Nilai R square sebesar 0,953 dan koefisien determinasi sebesar 95,3% sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh disiplin kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang secara bersama-sama sebesar 95,3% dan sisanya 4,7% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterkaitan antara disiplin kerja guru dan tingginya kompetensi serta kepemimpinan kepala sekolah berdampak positif terhadap kinerja guru, sebaliknya semakin kurang baik kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen sekolah, maka semakin kurang baik pula kinerja guru.

Keywords


Disiplin kerja guru; kepemimpinan kepala sekolah; kinerja guru; Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Abas Erjati. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Media Efek Komputindo.

Akdon. (2009). Kinerja Guru. PT. Pranada Media Gruf.

Arifin Zainal. (2010). Pengertian Kinerja Guru. Remaja Rosda Karya.

Arijanto. (2019). How the Impact of Work Discipline, Work Environment and Transformational Leadership on Employee Performance: A Study at Japanese Automotive Dealer. European Journal of Business and Management. https://doi.org/10.7176/ejbm/11-36-02

Asnawati, Arafat, Y., & Putra, A. Y. (2021). The Effect of Supervision and Work Motivation of School Principal to the Performance of Elementary School Teachers: International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021), Palembang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.051

Benu, I. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar se-Kecamatan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 82.

Endriani. (2011). Teori Kedisiplinan. PT.Rineka Cipta.

Esti Handayani, Bukman Lian, & Rohana. (2021). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 77–87.

Fahmi Ilham. (2011). Manajemen Kepemimpinan. CV Alfabeta.

Hadikusumah. (2000). Manajemen Personalia Segi Manusia dalam Organisasi. PT.Pustaka Binaman Pressindo.

Handoko. (2013). Kepemimpinan dan Motivasi. Ghalia Indonesia.

Hasibuan. (2008). Disiplin Kerja. PT.JNE Melayu.

Hasibuan. (2010). Disiplin Kerja. Kencana.

Hasibuan. (2016). Disiplin Kerja. PT.JNE Melayu.

Herry, H., Lian, B., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1658–1666. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.630

Husaini, & Happy Fitria. (n.d.). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).

Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208

Lian, B. (2020). Kepemimpinan dan Kualitas Kinerja Pegawai [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/n68vd

Lukman Hakim, Lian, B., & Putra, A. Y. (2021). Dampak Kepemimpinan, Iklim Sekolah dan Motivasi Berprestasi Dalam Meningkatkan Komitmen Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 527–534. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1122

M Yamin & M Maisah. (2010). Standarisasi kinerja guru. Gaung Persada.

Mahendra Yasinta. (2019). Membangun Karakter Anak Usia Dasar Melalui Keterampilan.

Mangkunegara, P.a. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Peusahaan. Rosdakarya.

Mensissusanto, M., Lian, B., & Putra, A. Y. (2021). The Influence of Principal Leadership and Work Motivation on Teaching Quality of Teachers in Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) Vocational School. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 319–332. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.129

Muhson, A. (n.d.). Teknik Analisis Kuantitatif*).

Mukhtar, J. (2018). Pengaruh Lingkungan kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(3), 78–87.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Murtiningsih & Bukman Lian. (2017). Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Smp. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 87–96.

Palupi, E., Lian, B., & Sari, A. P. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. 7.

Parantiku, J., Lian, B., & Putra, A. Y. (2021). The influence of leadership style and work discipline on the performance of teachers on elementary schools.

Permadi Dedi. (2009). Gaya Kepemimpinan. Pt.Raja Grafindo Persada.

Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43–56. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854

Riduwan. (2008). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Rivai V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sedamaryanti. (2014). Kinerja Guru. Bandar Maju.

Simamora H. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN.

Sinambela PL. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Siti Ummami, Bukman Lian, & Missriani. (n.d.). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Disiplin Kerja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 552–566.

Subekti Trisno. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional dan Motivasi kerja terhadap Kinerja Pegawai di Stikes Dharma Husada. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sulistiani Ambar Teguh. (2012). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja. PT.Graha Ilmu Indonesia.

Sulistiya, M. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. 1(2).

Sumardji, Mahendro, Juni Priansa, & Donni. (2019). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Konsep-konsep Kunci.

Sumayanti, V., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. 5.

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Pernada Media.

Sutopo. (2014). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Bina Aksara.

Sutrisno. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenadamedia Grup.

Telang, M. (n.d.). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru.

Titin Damayani, Yasir Arafat, & Syaiful Eddy. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 46–57.

Umar Mukhammad. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru dan Kualitas Pembelajaran PAI di MGMP PAI SMKN. Tesis : UIN Sunan Ampel.

Uno BH & Lamatenggo. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Usman, U. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Al-muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(2), 126–140. https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i2.86

Utari, K. T & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Rajawali Press.

Wiyani NA. (2019). Pengembangan Profesi Keguruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Gava Media.

Yuliana. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.179-208.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id