Pemberdayaan Kelompok Lansia Dalam Mengolah Sampah Plastik Rumah Tangga Menjadi Paving Block Di Desa Toli-Toli Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe

La Aso, Wa Ode Sifatu, Akhmad Marhadi, Nasruddin Suyuti, Laxmi Laxmi, La Ode Muh. Zulfikar

Abstract


Desa Toli-toli merupakan pusat lalu lintas masyarakat dari Kota Kendari ke berbagai destinasi wisata alam, seperti pantai Toronipa, Air terjun Wonua Momahe, Pantai Batu Gong, dan sebagainya. Untuk itu perlu pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga dengan pemberdayaan kelompok LANSIA dan di Sulawesi Tenggara (Sultra) LANSIA belum menjadi perhatian. Melalui kegiatan pengabdian ini, masyarakat dan pemerintah setempat diberikan pemahaman dan praktik mengolah sampah rumah tangga menjadi Paving Blok berbahan plastik yang tertolak oleh pemulung sampah lainnya. Metode pelaksanaannya ; praktek atau penerapannya yang berupa contoh yang langsung dipraktikkan. Solusi yang ditemukan warga dari kelompok LANSIA dan Aparat Desa Toli-toli sangat bersemangat dan antusias telah mendapatkan pelatihan mengenai cara mengolah sampah plastik menjadi Paving Block. Target luaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini antara lain anggota kelompok LANSIA memiliki pemahaman yang baik mengenai bahaya sampah plastik juga berserahkan di lingkungan mereka. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah: 1) penyuluhan mengenai bahaya sampah plastik bagi kehidupan di Bumi, 2) pemberian contoh cara pembuatan Paving Blok dari plastik.

Keywords


Lansia; Sampah Plastik; Desa Toli-toli

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, (2006). “Pembangunan Pedesaan Dan Perkotaan”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arimbi (1993). “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Melalui Musrenbang (Studi Kasus Pada Pembangunan Japordes Desa Tunggunjangkir Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan). Dalam Publika vol.4, no 1. pp. 1-21.

Fadil, Fathurrahman et al. 2013. “Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Kotabaru Tengah”. Dalam Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Volume II Edisi 2. Pp. 251-261.

http://fhil.uho.ac.id/wp-content/uploads/2020/12/RENSTRA-UHO-2020-2024 FINAL_compressed.pdf

https:/ /lppm. uho.ac.id/wp-content/uploads/2022/05/BUKU-PANDUAN-LITABMAS-

https://sibersultra.id/2023/09/25/dosen-pascasarjana-kajian-budaya-gelar-penyuluhan- pengolahan-sampah-plastik-menjadi-paving-block/ dilaporkan oleh Kahar, 25 September 2023.

Kasmaida, K., Mustakim, M., Amir, A., & Ruslan, N. (2023). PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PAVING BLOK. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1358-1361.

Koch, T., Selin, P. & Kralik, D. (2002). Enhancing lives through the development of a community-based participatory action research program. Jounal of Clinical Nursing, 11, 109- 117.

Mubyarto. 1997. “Gerakan Nasional Penanggulangan Kemiskinan, Kajian Bersama Pengembangan Kebijaksanaan”. Yogyakarta: Aditya Media.

Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan 2018. Tersedia di http://konkepkab.go.id/main Diakses tanggal 14-11-2021, pukul 20.13 WITA.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.35-42.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id