Implementasi Budaya Tionghoa pada Perancangan Masterplan Museum Peranakan Tionghoa Yayasan Dana Sosial Priangan

Tessa Eka Darmayanti, Shirly Nathania Suhanjoyo, Irena Vanessa Gunawan, Krismanto Kusbiantoro, Edbert Theo Fortino

Abstract


Museum adalah tempat untuk menyimpan, merawat sekaligus menyajikan benda hasil budaya dan pemikiran manusia yang bersifat pelestarian dan bertujuan untuk edukasi maupun yang berkaitan dengan pariwisata. Yayasan Dana Sosial Priangan (YDSP) yang berpusat di Bandung sebagai lembaga sosial telah banyak melakukan berbagai pelayanan sosial dan mengelola berbagai sumber bantuan para dermawan untuk masyarakat yang membutuhkan. YDSP tidak hanya fokus pada kegiatan sosial, namun memiliki kepedulian dengan pelestarian dan keberlangsungan budaya Tionghoa di Indonesia dengan misi persatuan dan kesatuan bangsa yaitu mendirikan museum yang masih satu lokasi dengan gedung pelayangan Kesehatan. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah melakukan perancangan interior museum yang akan dipindahkan ke bangunan baru yang lebih akomodatif. Kegiatan perancangan interior museum ini sekaligus memberikan gambaran serta pemahaman tentang desain interior kepada pengurus yayasan supaya tepat diterapkan di area baru. Pelaksana pengabdian sekaligus penelitian mengenai museum dan budaya Tionghoa ini melibatkan dosen dan mahasiswa dari Program Sarjana Desain Interior, Arsitektur dan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah rancangan interior museum dengan tema budaya Tionghoa.

Keywords


Perancangan Museum; Desain Interior; Budaya Tionghoa; Implementasi Desain

Full Text:

PDF

References


A.R Sayyidah, Syams. (2018). Desain Interior Panti Asuhan Muhammadiyah Karangpilang Berkonsep Homey. (Tugas Akhir tidak dipublikasikan). Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Darmayanti, Tessa Eka, and Azizi Bahauddin. (2020). “Pengaruh Perubahan Sirkulasi Terhadap Fungsi Ruang Di Rumah Peranakan, Kampung Babagan, Lasem”. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur 5 (2), 265-76. https://doi.org/10.30822/arteks.v5i2.403.

Darmayanti, Tessa Eka., Natanael, I. N., & Aryani, Dewi Isma. (2023). Rancangan Renovasi Interior Panti Asuhan untuk Yayasan Arrahman, Yogyakarta: Orphanage Interior Design Renovation for the Arrahman Foundation, Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(3), 324-334.

Grove, Jenny. (2017). Interior Design: A Professional Guide. Newcastle: RIBA Enterprises Ltd.

Hadiwinata, S.C. & Yuwono, E.C. (2022). Studi Perbandingan Proses Desain Logo Saat Internship. Retrieved Agustus 2023, from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/12225/10717

Hartono, Welly. (2019). “Transformasi Ruang Pada Rumah Tinggal Penggiat Komunitas Reog Di Pendukuhan Gunungsari Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul”. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur 4 (1), 13-24. https://doi.org/10.30822/arteks.v4i1.74.

ICOM. (2013). ICOM Code of Ethics for Museums. Paris: International Council of Museums.

Khoirnafiya, S. (2012). Peranan Museum Bagi Masyarakat Masa Kini. Retrieved Agustus 2023, from http://museumku.wordpress.com.

Kusbiantoro, et. all (2022). Study of Preferential Display Method of a Cultural Museum in Bandung, Indonesia. ARTEKS Jurnal Teknik Arsitektur. https://journal.unwira.ac.id/index.php/ARTEKS/article/view/1878

Majid, N.W.A., Fauzi, A., Sari, D.P., Ridwan, T., Widodo, S., Meyriska, N., Adawiyah, R.A.A., & Nurunnisa, M. (2021). Pengembangan Keterampilan Digital Content Creator Pelajar Tingkat Menengah Atas di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 283-291.

Pandanwangi, Ariesa., Ida., Pattipawaej, Olga. C, Sartika, Erwani. M. (2019). Pendampingan Komunitas Pembatik Melalui Pelatihan Alih Pengetahuan Membatik dengan Material Berbasis Kearifan Lokal. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 68-79.

Ratodi, Muhamad. (2015). Metode Perancangan Arsitektur. Diktat tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.1-10.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id