Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tematik
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan yang terjadi dikelas II SDN 06 Marisa Kabupaten Pohuwato. Yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik dengan memadukan beberapa mata pelajaran menjadi satu dalam bentuk tema. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peseta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap siklus meliputi empat tahap PTK, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran tematik mampu meningkatkan hasil belajar peseta didik kelas II SDN 06 Marisa Tahun Pelajaran 2015-2016. Melalui pembelajaran tematik diperoleh hasil belajar peserta didi pada siklus I sebesar 70,37% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,88%. Hal ini berarti indikator keberhasilan kinerja sebagai ukuran keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran tercapai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asep, Jihad.2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Catharina Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar . Semarang: IKIP Semarang Press.
Hadi, Sutrisno, 1982. Metode Penelitian. Jakarta: Balai Pustaka
Hajar, Ibnu, 1999. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Hakim, Thursan. 2000. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud
Hasibuan dan Moejiono, 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.207-214.2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id