Dampak Tunjangan Profesi Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tunjangan profesi terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.Jenis penelitian survei dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PNS SMA Negeri di Kota Gorontalo yang berjumlah 215 orang.Jumlah sampel 140 orang guru yang diambil dengan menggunakan Rumus Slovin.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka diperoleh persamaan regresi Ŷ= 19,668 + 0,627X yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan pada satu-satuan variabel tunjangan profesi, maka akan diikuti oleh perubahan sebesar 0,627 atau 62,7% satuan pada varibel motivasi kerja guru.Hasil penelitian menunjukan pula bahwa tunjangan profesi memiliki dampak positif terhadap meningkatnya motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Gorontalosebesar 36,2%.Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualittatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sumantri Mulyani, 2009. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka
Supriatna, Nana. Dkk. 2002. Bahan Belajar Mandiri Pendidikan IPS di SD. Bandung: IKIP Bandung Press.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyatno. 2010. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang : FKIP Universitas. PGRI
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Perenada Media Grup.
____________., 2011. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno B. Hamzah, dkk, 2008. Pengantar Teori Belajar dan Pembelajaran, Gorontalo: BMT Nurul Jannah
Uzer, Moh. Usman, 2007. Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Rosda Karya
Wahab Azis Abdul, 2008. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wena, Made 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta : Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.199-206.2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id