Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Melakukan Evakuasi Korban Cidera Akibat Bencana Pada Kelompok Khusus Di Masyarakat

Wasis Nugroho, Amira BSA, Arini Krisnawati, Lale Wisnu Andrayani, Rusmini Rusmini

Abstract


Cidera akibat kecelakaan adalah salah satu bencana teknologi dan transportasi yang menjadi perhatian saat ini seiring modernisasi. Dibutuhkan kesiapan penolong pertama pada saat menemukan korban. Pertolongan pertama yang baik dapat menjadi modal utama terhadap kelangsungan hidup korban. Selain pertolongan pertama dilakukan, dibutuhkan teknik evakuasi yang tepat agar tidak terjadi cidera lanjut pada korban. Dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat yang menemukan korban dilapangan dilakukan berbagai cara dan metode. Institusi pendidikan harus membuat metode pembelajaran yang efektif. Strategi penguatan kemampuan dalam melakukan evakuasi korban bencana akibat kecelakaan dapat dilakukan melalui penerapan metode Cooperative Learning yang salah satunya adalah penerapan pembelajaran melalui model problem solving. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menerapkan dan mengetahui efektivitas terhadap peningkatan kualitas peserta dalam melakukan evakuasi korban cidera akibat bencana. Metode penelitian kuantitatif, dengan desain pra-eksperimantal, menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Sampel adalah kelompok guru dan karyawan dari 3 sekolah yang berada di kota ternate dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan pengetahuan baik dan sangat baik dari 10 orang (25%) pretest menjadi 20 orang (65%) posttest dan ketrampilan dari 10 orang (25%) pretest menjadi 28 orang (70%) posttes. Hasil uji analisis diperoleh nilai pengetahuan dan ketrampilan hasil sig 0,00, (p <0.05). Terdapat perubahan tingkat pengetahuan dan ketrampilan yang bermakna. Metode problem solving dapat menjadi salah satu pilihan yang baik digunakan oleh perawat pendidik dalam melaksanakan pelatihan atau pembelajaran pada kelompok masyarakat.

Keywords


Metode Problem Solving; Teknik Evakuasi; Cidera;

Full Text:

PDF

References


Abraham, R. R. (2021). Cooperative Learning in Nursing Education: A Review. International Journal of Research and Review, 8(4). https://doi.org/10.52403/ijrr.20210458

Bakke, H. K., Steinvik, T., Eidissen, S. I., Gilbert, M., & Wisborg, T. (2015). Bystander first aid in trauma - Prevalence and quality: A prospective observational study. Acta Anaesthesiologica Scandinavica, 59(9). https://doi.org/10.1111/aas.12561

Basri, A. H., & Istiroha. (2019). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan Pada Tukang Ojek. Journals of Ners Community, 10(November).

Dewi, N. P. S., Suardana, I. N., & Juniartina, P. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21915

Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3). This Journal Article is posted at Research Online. Diakses: http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol41/iss3/3.

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Pengaruh LKS Berbasis Problem Solving untuk Ketrampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Hobri, Ummah, I. K., Yuliati, N., & Dafik. (2020). The effect of jumping task based on creative problem solving on students’ problem solving ability. International Journal of Instruction, 13(1). https://doi.org/10.29333/iji.2020.13126a

Kanthan, R., & Mills, S. (2007). Cooperative learning in the first year of undergraduate medical education. World Journal of Surgical Oncology. https://doi.org/10.1186/1477-7819-5-136

Khalid, M., Saad, S., Abdul Hamid, S. R., Ridhuan Abdullah, M., Ibrahim, H., & Shahrill, M. (2020). Enhancing creativity and problem solving skills through creative problem solving in teaching mathematics. Creativity Studies, 13(2). https://doi.org/10.3846/cs.2020.11027

Mahanal, S., Zubaidah, S., Setiawan, D., Maghfiroh, H., & Muhaimin, F. G. (2022). Empowering College Students’ Problem-Solving Skills through RICOSRE. Education Sciences, 12(3). https://doi.org/10.3390/educsci12030196

Slavin E.R, (2015). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik. Diterjemahkan dari Cooperative Learning, teiry, research and praktice (london: Allymand Bacon, 2005. Penerbit Nusa media, ujung berung bandung.

Pusponegoro, 2016. Kegawatdaruratan dan Bencana. penerbit tahun 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1871-1878.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id