Segmentasi Pasar di Hotel Grand Q Gorontalo
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang segmentasi pasar pada Hotel Grand Q Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi, dengan sasaran segmentasi geografis, demografis, dan psikografis. Mencermati hasil penelitian tentang segmentasi pasar pada Hotel Grand Q Gorontalo ini dengan karakteristik pengunjung hotel sebagaimana digambarkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa wisatawan yang memilih untuk menginap di Hotel Grand Q Gorontalo mayoritas merupakan pebisnis dengan fluktuasi jumlah pengunjung yang tergantung pada intensitas event penting yang diselenggarakan di Provinsi Gorontalo. Oleh karena itu disarankan sebaiknya Hotel Grand Q Gorontalo senantiasa melakukan analisis pasar secara efektif sehingga dapat menentukan strategi segmentasi pasar yang tepat, serta melakukan inovasi yang diarahkan pada peningkatan kualitas pengelolaan dan pelayanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Baygono., dan Sambodo, Agus. 2006. Dasar-dasar Kantor Depan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Baygono. 2012. Teori dan Praktik Hotel front Office. Bandung: Alfabeta.
Bojanic, David C, & Shea, Linda J. 1997. Segmentation for a multiunit Restaurant Operation. Cornel Hotel & RestaurantAdministration Quarterly, pg. 56-61.
Budi, Agung Permana, 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ghert, kenneth C., & Shim, Soyean. 2013. Sitiuational Segmentation in the International Marketplace: The Japanese Snack Market. International Marketing Review, p. 180-194.
Istijanto, 2007. 63 Kasus Pemasaran Terkini Indonesia Membedah Strategi dan Taktik Pemasaran Baru. Jakarta:PT Elexmedia komputindo.
Kasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.
Kasali, Rheinald. 2000. Manajemen Public Relation. Jakarta: PT Temprint.
Kasali, Rheinald. 2008. Manajement Public Relation. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.171-178.2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id