Pengaruh Senam Otak Terhadap Penurunan Tingkat Dimensia Pada Lansia Dipanti Sosial Rehabilitasi Sosial Himo-Himo Kota Ternate

Arini Krisnawati, Fauzi Almari

Abstract


Lanjut usia jumlahnya terus meningkat seiring peningkatan kesejahteraan manusia terutama di negara maju dan berkembang. Karena menurunnya fungsi tubuh dan pengaruh kognitif akan mengalami dimensia dan dibutuhkan alternatif dalam mendukung upaya dalam membantu lansia untuk mengatasi hal itu. Salah satu intervensi dalam membantu menangani alzmeir adalah melalui cara latihan senam otak Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap penurunan tingkat dimensia pada lansia di panti sosial rehabilitasi sosial himo-himo kota Ternate. Metode Penelitian kuantitatif one group Pre-post design dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada lansia sebanyak 60 orang pada lansia yang tinggal di panti sosial rehabilitas selama lebih 2 tahun. Pengambilan sampel dengan teknik purposif sampling yang sesuai dengan kriteria. Analisis menggunakan wilcoxon signed ranks test dengan SPSS versi 19.00. Hasil: Mayoritas usia responden yang mengalami demensia antara 60-74 tahun, perempuan lebih dominan (73%), Nilai kognitif sebelum penerapan senam otak lansia sebesar 33% dan setelah perlakuan naik manjadi 53%. Hasil analisis bivariat menunjukan adanya pengaruh pemberian senam otak dengan fungsi kognitif lansia dengan p Value 0,000. Terdapat pengaruh pemberian senam otak pada lansia terhadap penurunan tingkat dimensia. Diharapkan kepada pihak terkait yang menangani lansia perlu mempertimbangkan metode latihan senam otak ini dalam membantu dalam mengurangi dimensia.

Keywords


Lansia; Senam Otak; Dimensia;

Full Text:

PDF

References


Amirullah.2011, Jumlah Orang Pikun Indonesia Meningkat. October 23,2014

Andri, 2013. Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta, Ternova Books.

Ardiyanto, K.&Prakoso, P.A. 2013. Pengaruh Senam Otak Terhadap Daya Ingat Pada Lansia Dengan Dimensia di Desa Sidosari Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan.

Azizah, 2011. Buku Keperawatan lansia. Jakarta: Graha Media.

Azizah, L. M., Martiana, T., &Soedirham, O, 2017. The Improvement of Cognitive Function and Decrease the Level of Stress in the Elderly with Brain Gym. International Journal Of Nursing And Midwifery Science (IJNMS), 1(1), 26-31.

Boedhi Darmojo dan M. Hadi, 2010. Geriatri: Ilmu Kesehatan Usia Lanjut. Jakarta: Balai Penerbit FKUI

Kementerian Kesehatan RI, 2017. Analisis Lansia di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi

Rohana, 2010.. Pengaruh senam vitalisasi otak terhadap fungsi kognitif pada lansia di Balai Perlindungan Sosial (BPS) Dinas Sosial Propinsi Banten.

Sugiyono, 2012. Teknik pengambilan sampel pada dasarnya dikelompokkan menjadi dua yaitu Probability Sampling dan Non-probability sampling.

Verany,Ria Santoso, Budi, 2013. Pengaruh Brain Gym Terhadap Tingkat

Kognitif Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Warga TamaIndralaya. (Jurnal tidak terpublikasi) Jurnal Keperawatan, Vol. 1 No. 1 Juni 2013. Bina Husada : Palembang.

Yanuarita, Franc Andri, 2012. Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (BrainGym). Sukoharjo, Teranova Books. 2012.

Zulsita, 2010. Pengaruh Senam Otak terhadap Peningkatan Daya Ingat Lansia di Panti Werdha Karya Kasih Mongonsidi.Skripsi. Medan, Fakultas Keperawatan Universits Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1675-1680.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id