Efektivitas Penggunaan Website Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Alo Karyati

Abstract


Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan website pembelajaran pada siswa-siswa sekolah. Akhir–akhir ini sistem pendidikan di Indonesia telah banyak  mangalami perubahan dari konvensional ke digital. Pembelajaran tidak lagi dengan hanya mendikte, menulis di papan tulis atau pun menyuruh membaca. Sistem pembelajaran sudah berbasis teknologi dengan menggunakan website pembelajaran atau pun aplikasi di smartphone/android. Website merupakan salah satu layanan internet yang menampilakan segala informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah penggunaan website pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa? (2)website pembelajaran  apa saja yang digunakan siswa-siswa? (3) apa kelebihan dan kekurangan penggunaan website pembelajaran?. Sedangkan tujuan dari  penelitian ini adalah:  (1) mengetahui  apakah penggunaan website pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) mengetahui website apa saja yang digunakan siswa-siswa sekolah. (3) mengetahui  kelebihan dan kekurangan penggunaan website pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa  dan guru SD,SMP dan SMA sederajat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket dan wawancara melalui google form. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan website pembelajaran efektiv dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


website; pembelajaran; motivasi belajar;

Full Text:

PDF

References


Imanullah, M., Onsardi, O., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., & Susanto, A. (2021). Pengenalan Website Sekolah Dasar Muhammmadiyah 1 Unggulan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 483–492. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i1.1217

Japrizal; Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 di SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 38–44.

Karyati, A., & Rahmawati, Y. (2021). Pembelajaran Kanji Menggunakan Metode Flipped classroom dengan Media Online “Tanoshiijapanese.com” dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 9(1), 70–75. https://doi.org/10.15294/chie.v9i1.45468

Nurmi, N. (2017). Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata. Edik Informatika, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1418

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Shabudin, M., Aisyah, A., Darus, S., & Mimiko, N. (2014). Development of Teaching Materials and Utilization of Web 2.0 in Japanese Language Teaching and Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 118, 433–441. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.059

Styawati, S., Oktaviani, L., & Lathifah, L. (2021). Penerapan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Berbasis Web Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesawaran. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 68–75. https://doi.org/10.59458/jwl.v1i2.15

Syaiful, R., Wahid, M., & Ega, T. B. (2014). 137 Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–145.

Vidia Sari H, & Suswanto H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Webuntuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringandasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2, 1008–1016.

Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, Setyonegoro, A., & Priyanto. (2020). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(1), 1–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1665-1674.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id