Kajian Film Untuk Pengembangan Spiritualitas

Rosida Tiurma Manurung, Meilani Rohinsa, Maria Yuni Megarini

Abstract


Penelitian ini merepresentasikan nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam wacana film. Roland Barthes ini mengacu pada tahap  tahap ketika merepresentasi, 1) Denotasi, 2) Konotasi, 3) Mitos. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang berfokus pada peneliti nonhipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak merumuskan hipotesis, kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai-nilai Spiritual yang dalam  sebuah film memiliki peranan penting untuk pengembangan  spiritualitas seseorang melalui penghayatan strategi untuk manusia yang berakhlak mulia, sabar dalam memecahkan masalah atau persoalan hidup secara baik, serta mampu mengembangkan maknanya secara spiritual.

Keywords


wacana film; representasi nilai spiritual; analisis semiotika;

Full Text:

PDF

References


Abd Wahab dan Umiarso. 2017. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ansori, Muhammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Ardianto Elvinaro dkk. 2014. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama media.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik .Jakarta: PT. Bina Aksara.

Barker, Chris. 2000. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Bantul: Kreasi Wacana Offset.

Barthes, Roland. 2004. Mitodologi, diterjemahkan oleh: Nurhadi & A. Sihabul Millah. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Bungin, Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Danesi, Marsel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media, Cet. 1.

Yogyakarta: Jalasutra.

Danesi, Marcel. 2010. Pesan, Tanda dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Hall, Stuart. 1997. The Media and The Ideological Effect. London: Mass Communication & Society.

Hall, Stuart. 2003. The Work of Representation, Representation: Cultural Representation and Signifying Practices. London: Sage Publication.

Kriyanto, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Krisyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenada Media Group.

M. Antonius Birowo, M. A. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Gitanyali.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Rosda.

Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Nasution, Harun. 1973. Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nata, Abuddin. 2011. Studi Islam Komprehensif . Jakarta: Kencana.

Rosady, Ruslan. 2008. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saiful Ma‟arif, Bambang. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Salim, Peter. 2000. Salim‟s Ninth Collegiate English-Indonesian Dictionary,. Jakarta: Modern English Press.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi Cetakan Kelima. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Imam Budhi. 2012. Spiritualisme Jawa: Sejarah, Laku, dan Inti Sari Ajaran. Yogyakarta: Memayu Publishing.

Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial .Jakarta: Kencana.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda dan Makna pada Karya Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:

Jalasutra.

Uchjana Effendy. Onong. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Yulianti, Friska Dwi. Atwar Bajari. Slamet Mulyana 2017. “Representasi Maskulin dalam Iklan Televisi Pond‟s Men (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap representasi maskulinitas)”. Jurnal Komunikasi Vol. 9, No.1




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1607-1612.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id